sunbanner

Apa Tanda Musim Pancaroba di Indonesia? BMKG Beri Peringatan dan Tanda Dimulainya Cuaca Ekstream, Masyarakat Diharap Siaga

Apa Tanda Musim Pancaroba di Indonesia? BMKG Beri Peringatan dan Tanda Dimulainya Cuaca Ekstream, Masyarakat Diharap Siaga

cuaca-kenrick-millis/unplash-

Khusus untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), BMKG mengindikasikan bahwa wilayah tersebut telah memasuki fase akhir masa pancaroba.

Meskipun ini bukan musim hujan, tanda-tanda akhir masa pancaroba sudah mulai terlihat.



Pada masa pancaroba ini, arah angin sangat bervariabel, sehingga cuaca dapat berubah dengan cepat, baik dari panas ke hujan atau sebaliknya.

Secara umum, Dwikorita menjelaskan bahwa selama masa pancaroba, cuaca di pagi hari cenderung cerah, kemudian awan mulai berkembang di siang hari, dan hujan biasanya terjadi menjelang sore atau malam hari.

Dalam masa ini, pertumbuhan awan jenis Cumulonimbus (CB) yang biasanya muncul di pagi menjelang siang adalah ciri khas. Awan ini memiliki bentuk seperti bunga kol dengan warna keabu-abuan dan tepian yang jelas.





×

Ketika sore hari tiba, awan ini dapat berubah menjadi gelap, yang seringkali disertai hujan deras, petir, dan angin kencang.

Baca juga: Siapa William Li? Founder Akulaku yang Paylaternya Resmi Diberhentikan OJK, Begini Asal Mula Perkaranya

Baca juga: Viral Massa Pro Palestina di Rusia Marah dan Serbu Bandara Dagestan, Begini Kronologi Selengkapnya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr