sunbanner

Apa Tanda Musim Pancaroba di Indonesia? BMKG Beri Peringatan dan Tanda Dimulainya Cuaca Ekstream, Masyarakat Diharap Siaga

Apa Tanda Musim Pancaroba di Indonesia? BMKG Beri Peringatan dan Tanda Dimulainya Cuaca Ekstream, Masyarakat Diharap Siaga

cuaca-kenrick-millis/unplash-

Wilayah yang akan alami akhir Pancaroba  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan bahwa Indonesia telah memasuki masa pancaroba atau periode transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

Meskipun masa pancaroba ini memberikan perubahan cuaca yang dinamis, BMKG juga memperingatkan mengenai potensi cuaca ekstrem selama transisi ini.



Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam sebuah Live Webinar yang bertajuk 'Kapan Musim Hujan akan Datang?' yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), menjelaskan bahwa cuaca ekstrem memiliki potensi besar terjadi selama masa pancaroba.

Beberapa cuaca ekstrem yang dapat terjadi mencakup hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, serta bahkan hujan es.

Dwikorita mengingatkan bahwa curah hujan yang tinggi dapat memicu berbagai bencana hidrometeorologi, seperti banjir bandang dan tanah longsor.





×

Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan yang rawan longsor diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Baca juga: Wajib Tonton! Daftar Film Terbaik untuk Merayakan Musim Gugur di Oktober dan November 2023 Mendatang

Baca juga: Asal Usul Nama Pariaman Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Penuh Makna! Simak Sejarah Penamaan Daerah di Sumatera Barat

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr