sunbanner

Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Pelajari Alasan dan Faktor-faktor yang Membuatnya Mengharukan, Mengapa Hal Ini Menyentuh Hati dan Memilukan?

Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Pelajari Alasan dan Faktor-faktor yang Membuatnya Mengharukan, Mengapa Hal Ini Menyentuh Hati dan Memilukan?

Kampung Nglepen di Sleman--

Namun, warga di kampung tersebut memilih untuk tidak menggunakan genteng karena terdapat aliran air yang mengalir di atas rumah mereka.

Genteng dapat membuat aliran air terhenti atau tertahan sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada rumah. Oleh karena itu, warga memutuskan untuk membangun rumah tanpa genteng.



Dampak dari keputusan ini adalah rumah-rumah di kampung tersebut memiliki tampilan yang sangat unik dan berbeda dari rumah-rumah di daerah lainnya.

Kampung tersebut bernama Desa Ngelepen dan terletak tidak jauh dari pusat kota Sleman, Yogyakarta.

Meskipun tidak menggunakan genteng, warga di kampung tersebut tetap memastikan bahwa rumah mereka tetap terlindungi dari sinar matahari dan hujan dengan cara yang berbeda dan khas.





×

Bukan tanpa sebab, pasalnya keputusan warga di kampung tanpa genteng di Sleman, Yogyakarta, memiliki alasan yang sangat memilukan lantaran berkaca pada pengalaman.

Kampung ini dulunya sering dilanda bencana alam yang hebat dan memporak-porandakan rumah warga. Salah satu bencana alam yang dimaksud adalah gempa Yogyakarta pada tahun 2006.

Karena kampung ini rawan gempa, pemerintah setempat membangun rumah untuk warga berbentuk dome yang sangat tahan terhadap gempa dengan kekuatan besar.

Dengan bentuk kubahnya, rumah dome tersebut dapat menghindari genteng dan pilarnya berjatuhan apabila gempa kembali mengguncang.

Banyak orang yang menganggap kampung ini sebagai Kampung Teletubbies karena bentuk rumahnya yang unik. Selain itu, kampung tanpa genteng di Sleman ini juga dijadikan sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Cek penyebab dan alasannya, ada pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr