Harta Karun Berharga Lampung Bukan Emas Tapi Barang Ini, Fakta Menarik Lainnya Auto Buat Kagum: Warganya Pasti Jarang Tahu

Harta Karun Berharga Lampung Bukan Emas Tapi Barang Ini, Fakta Menarik Lainnya Auto Buat Kagum: Warganya Pasti Jarang Tahu

daerah-deborah/pexels-

Provinsi-provinsi di Indonesia adalah gambaran kekayaan sejarah dan keberagaman budaya yang sangat kaya. Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, menghadirkan berbagai warisan sejarah yang unik di setiap provinsinya.

Salah satu provinsi yang memiliki keunikan sejarah yang menarik adalah Provinsi Lampung.



Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dan memiliki peran penting sebagai pintu masuk utama dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. 

Provinsi ini resmi didirikan pada tanggal 18 Maret 1964 melalui Undang-Undang No. 14 tahun 1964. Sebelum menjadi provinsi mandiri, Lampung adalah bagian dari Karesidenan Lampung yang termasuk dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Kota Batam Ini Bikin Melongo, Pelat Motor Terunik Cuma Ada Satu-satunya di Dunia Nih





×

Baca juga: 5 Daerah Ini Sepakat Undur dari Kalimantan Barat Usai Tergiur Provinsi Baru, Cek Profil Daerah Kapuas Raya

Jejak sejarah Provinsi Lampung dapat ditelusuri melalui catatan perjalanan seorang biarawan Tiongkok bernama Fa Hsien. Dalam catatannya, Fa Hsien menyebut daerah-daerah seperti Yeh Poh Ti dan Po Hwang, yang kini dikenal sebagai Seputih dan Tulang Bawang di Lampung.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr