sunbanner

Harta Karun Berharga Lampung Bukan Emas Tapi Barang Ini, Fakta Menarik Lainnya Auto Buat Kagum: Warganya Pasti Jarang Tahu

Harta Karun Berharga Lampung Bukan Emas Tapi Barang Ini, Fakta Menarik Lainnya Auto Buat Kagum: Warganya Pasti Jarang Tahu

daerah-deborah/pexels-

Kisah awal perjuangan Lampung

Setelah kemerdekaan, Lampung berada di bawah Provinsi Sumatera Selatan sebelum akhirnya ditingkatkan statusnya menjadi provinsi mandiri.

Tentang asal mula penamaan "Lampung," ada beberapa versi. Salah satu versi mengatakan bahwa nama "Lampung" berasal dari kata "Lappung" dalam bahasa Batak yang berarti "luas." Cerita menyebutkan bahwa beberapa masyarakat dari Tapanuli bermigrasi ke Lampung akibat meletusnya Gunung Toba.



Versi lain mengatakan bahwa nama "Lampung" berasal dari "To Lang Po Hwang," yang artinya "orang Lampung." "To Lang Po Hwang" saat ini lebih dikenal sebagai daerah Tulang Bawang.

Baca juga: 9 Kabupaten Ini Direncanakan Keluar dari Jawa Barat, Kok Bisa? Simak Ini Rencana Pemekaran dan Sisa Wilayahnya

Baca juga: ‘Mencari Indonesia’ Kolaborasi BMW Astra Dengan Sineas Muda Berbakat





×

Provinsi Lampung juga memiliki fakta menarik lainnya, seperti menjadi destinasi program transmigrasi pertama pemerintah yang dimulai pada tahun 1970-an.

Selain itu, Lampung juga terkenal sebagai produsen kopi robusta terbaik. Kopi robusta dari Lampung bahkan diekspor ke berbagai negara, termasuk Italia, karena kualitasnya yang unggul.

Semua fakta ini menunjukkan bahwa Provinsi Lampung memiliki sejarah yang kaya dan kekayaan alam yang luar biasa.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr