Pemekaran Wilayah di Jawa Timur, Kabupaten-Kabupaten yang Kabarnya Siap Tambah Kecamatan, Sudah Fix Disetujui dan Lakukan Realisasi?

Pemekaran Wilayah di Jawa Timur, Kabupaten-Kabupaten yang Kabarnya Siap Tambah Kecamatan, Sudah Fix Disetujui dan Lakukan Realisasi?

desa-Franz26/pixabay-

Pertama-tama, rencananya Malang akan dimekarkan dan bahkan mengganti nama menjadi Kabupaten Singosari atau Kepanjen.

Pemekaran ini akan menambah jumlah kecamatan, di mana beberapa kecamatan akan bergabung dalam entitas baru tersebut.



Kabupaten Singosari akan mencakup sejumlah kecamatan, seperti Kasembon, Ngantang, Pujon, Lawang, Singosari, Karangploso, Pakis, Jabung, Tumpang, Poncokusumo, dan Tajinan.

Baca juga: Isu Semarang Menyerahkan Gelar Ibu Kota Jawa Tengah? Potensi Wilayah yang Dikabarkan Bakal Menggantikan Pusat Pemerintahan Jateng Setelah Dimekarkan?

Baca juga: Benarkah Kecamatan Ngrambe jadi Juara 1 Dari 4 Kecamatan Terpadat di Ngawi? Ternyata Jumlah Penduduknya Mencapai 92.552 Jiwa





×

Baca juga: Tidak Hanya Jayapura? Provinsi Papua Siap Melakukan Pemekaran Wilayah untuk Membentuk Kabupaten Tambahan, Wilayah Anda Termasuk?

Sedangkan Kabupaten Kepanjen akan mencakup kecamatan seperti Dau, Pakisaji, Kepanjen, Sumberpucung, Kalipare, Bantur, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Gondanglegi, dan Ampelgading.

Selain Malang, kabupaten lain yang juga sedang dipertimbangkan untuk melakukan pemekaran adalah Jember. Kabupaten ini telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri, namun implementasinya masih tertunda.

Banyuwangi juga menjadi sorotan dalam rencana pemekaran wilayah, dengan pusat pemekaran yang direncanakan berada di kecamatan Genteng.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr