sunbanner

Penting untuk Mengetahui Tiga Jenis Baterai Sebelum Anda Membeli Motor Listrik, Pelajari Kelebihan dan Kekurangannya

Penting untuk Mengetahui Tiga Jenis Baterai Sebelum Anda Membeli Motor Listrik, Pelajari Kelebihan dan Kekurangannya

Ilustrasi-Ralphs_Fotos/pixabay-

Namun, kapasitasnya terbatas, sehingga hanya sedikit produsen motor listrik yang menggunakannya.

Selain itu, baterai nikel-kadmium memiliki kepadatan daya yang lebih rendah, yang menyebabkan dayanya berkurang sekitar 70 persen dalam waktu 24 jam meskipun motor tidak digunakan.



Selain itu, baterai ini mengandung bahan kimia yang dianggap lebih berbahaya bagi lingkungan, sehingga pengelolaan limbahnya perlu diperhatikan dengan serius.

3. Baterai Lithium-Ion (Li-ion)

Baterai Li-ion adalah jenis baterai yang paling umum digunakan pada motor listrik saat ini. Mereka memiliki sejumlah keunggulan, termasuk kapasitas yang lebih besar, bobot yang lebih ringan, dan ukuran yang lebih kompak. Selain itu, baterai ini dapat bertahan lama dalam satu kali pengecasan.





×

Baca juga: Punya Sejarah Kejayaan Laut Terluas Bak Atlantis Inilah Desa Terindah di Provinsi Riau yang Berhasil Raih ADWI 2023

Baca juga: Pengguna PCX Wajib Tahu! Ternyata Ini 5 Daftar Penyakin Motor yang Sering Muncul, Jangan Dianggap Enteng

Baterai Li-ion terbaru, yang diperkenalkan pada tahun 2022, memiliki kapasitas 60 V 45 A (2,7 kWh) dan memerlukan waktu sekitar empat jam untuk diisi dari nol hingga 100 persen. Baterai ini mampu menempuh jarak hingga 70 kilometer jika sepenuhnya terisi.

Dalam memilih tipe baterai untuk motor listrik Anda, pertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda. Apakah Anda lebih memilih daya tahan, efisiensi, atau kenyamanan dalam pemeliharaan?

Dengan memahami perbedaan antara ketiga tipe baterai ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas saat membeli atau meng-upgrade baterai motor listrik Anda.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr