sunbanner

Jadi Inspirasi Uang Kertas Rp100! Inilah Bendungan Unik di Sumatera Utara yang Punya Desain Unik Sudah Bertahan 40 Tahun Lebih!

Jadi Inspirasi Uang Kertas Rp100! Inilah Bendungan Unik di Sumatera Utara yang Punya Desain Unik Sudah Bertahan 40 Tahun Lebih!

bendungan-TimHill/pixabay-

Sebagai bendungan pertama di Indonesia yang dibangun menyerupai busur, Bendungan Tangga memancarkan pesona tak biasa yang mengundang decak kagum.

Lokasi bendungan ini terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.



Sejak dioperasikan pada tahun 1983, Bendungan Tangga telah berusia sekitar 40 tahun, menjadikannya sebagai salah satu keajaiban arsitektur yang terawetkan dengan baik.

Bendungan Tangga bukan hanya sekadar bangunan biasa. Ia adalah salah satu dari tiga bendungan yang dimiliki oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (PT Inalum).

Dengan bangunan yang menghimpun Sungai Asahan, bendungan ini berperan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) PT Inalum.





×

Air yang terkumpul digunakan untuk menggerakkan turbin yang terhubung ke empat unit generator, menghasilkan energi listrik sebesar 317 megawatt.

Baca juga: Mendekati Tamat! Inilah Jadwal Nonton Drama China Scent of Time (2023) Episode 29 SUB Indo, Cek Spoiler Beserta Jam Tayangnya di Sini!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr