sunbanner

Bensin Jadi Boros! Inilah Faktor Penyebab Utama yang Sering Terjadi Akibat Kabel Listrik Sepedah Motor Tidak Dirawat, Bikin Kinerja Mesin Lemah

Bensin Jadi Boros! Inilah Faktor Penyebab Utama yang Sering Terjadi Akibat Kabel Listrik Sepedah Motor Tidak Dirawat, Bikin Kinerja Mesin Lemah

Ilustrasi kabel-jarmoluk /pixabay-

Bensin Jadi Boros! Inilah Faktor Penyebab Utama yang Sering Terjadi Akibat Kabel Listrik Sepedah Motor Tidak Dirawat, Bikin Kinerja Mesin Lemah.

Ketika kita berbicara tentang perawatan sepeda motor, seringkali yang terlintas dalam pikiran kita adalah tentang komponen bergerak motor. Namun, ada satu aspek yang tak boleh diabaikan seperti kabel-kabel kelistrikan.



Kabel-kabel ini memiliki peran krusial dalam mengantarkan listrik yang diperlukan untuk membuat mesin berjalan dengan baik.

Baca juga: Mendekati Tamat! Inilah Jadwal Nonton Drama China Scent of Time (2023) Episode 29 SUB Indo, Cek Spoiler Beserta Jam Tayangnya di Sini!

Baca juga: Sesumbar Bisa Tobang 600 Orang Inilah Jembatan Kacar di Jawa Tengah yang Punya Panjang 120 Meter! Biaya Masuknya Sebesar...





×

Baca juga: Mendadak Dukung Palestina Usai Raline Shah Mendapat Kritikan Karena Memilih Berada di Pihak Netral, Begini Reaksi Warganet!

Dalam dunia sepeda motor, proses pembakaran dimulai dari rangkaian listrik yang melibatkan spul, aki, CDI, koil, hingga busi.

Jika salah satu komponen dalam rangkaian ini mengalami masalah, kualitas listrik yang dihasilkan pun turut terganggu.

Pembakaran menjadi tidak sempurna, dan akibatnya, performa mesin pun tidak mencapai level maksimal. Hasilnya? Konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan pengalaman berkendara yang kurang memuaskan.

Jadi, apa yang perlu kita perhatikan dalam merawat kabel-kabel kelistrikan ini? Pertama-tama, kita harus sadar bahwa kabel-kabel ini bukan komponen yang sering diganti seperti busi atau oli. Namun, itulah yang membuatnya semakin rentan.

Seiring berjalannya waktu, kabel kelistrikan bisa mengalami penurunan daya hantar listrik, bahkan mungkin muncul korosi di soket-soket penyambungnya.

Pemakaian tahunan juga bisa membuat kabel-kabel tersebut mengalami kerusakan. Kabel yang dulunya lentur dan fleksibel, mungkin akan mulai mengeras dan mengeras seperti batu.

Penting bagi kita untuk mendeteksi masalah ini sejak dini melalui pemeriksaan rutin. Jangan lupa untuk memeriksa soket-soket penyambungan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr