sunbanner

Kota Kuno Termasuk dalam 7 Kabupaten dan Kota Termiskin di Sulawesi Tengah atau SULTENG, Daerah Mana yang Memegang Posisi 1 dan 2?

Kota Kuno Termasuk dalam 7 Kabupaten dan Kota Termiskin di Sulawesi Tengah atau SULTENG, Daerah Mana yang Memegang Posisi 1 dan 2?

Parigi Moutong--

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs sultengbps.go.id, Provinsi Sulawesi Tengah terdiri atas 12 Kabupaten dan 1 Kota.

Sayangnya, data menunjukkan bahwa ada tujuh daerah di Sulawesi Tengah yang memiliki jumlah penduduk miskin terbanyak.

1. Parigi Moutong



Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah melalui laman sultengbps.go.id, Kabupaten Parigi Moutong menempati urutan pertama sebagai daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di wilayah tersebut.

Pada tahun 2022, diketahui bahwa jumlah penduduk miskin di Kabupaten Parigi Moutong mencapai 74,60 ribu jiwa.

Angka tersebut sangat tinggi dan melampaui jumlah penduduk miskin di daerah-daerah lain di Provinsi Sulawesi Tengah.

2. Donggala





×

Urutan kedua daerah dengan penduduk termiskin di Sulawesi Tengah dipegang oleh Donggala.

Kabupaten ini terkenal dengan sebutan "Kota Antik" dan memiliki total penduduk miskin sebanyak 50,22 ribu jiwa pada tahun 2022.

3. Poso

Sementara itu, Poso menempati urutan ketiga daerah dengan penduduk termiskin di Sulawesi Tengah. Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Poso pada tahun 2022 mencapai 40,78 ribu jiwa.

4. Tolitoli

Kabupaten Tolitoli, yang dikenal sebagai kota cengkeh, menempati urutan keempat daerah dengan penduduk termiskin di Sulawesi Tengah. Data BPS Sulteng mencatat bahwa penduduk miskin di Tolitoli mencapai 30,61 ribu jiwa.

5. Sigi

Sigi berada di urutan kelima daerah dengan penduduk miskin terbanyak di Sulawesi Tengah. Pada tahun 2022, penduduk miskin di Sigi mencapai 30,61 ribu jiwa.

6. Kabupaten Banggai

Kabupaten Banggai juga tercatat memiliki jumlah penduduk miskin yang signifikan, yaitu 29,94 ribu jiwa, sehingga masuk dalam daftar daerah dengan penduduk termiskin di Sulawesi Tengah.

7. Kota Palu

Terakhir, Kota Palu selaku ibukota Sulawesi Tengah menempati urutan ketujuh sebagai daerah dengan penduduk miskin terbanyak.

Angka penduduk miskin di Kota Palu pada tahun 2022 mencapai 28,55 ribu jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah perlu mengambil tindakan untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah-daerah tersebut.***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr