Pemekaran Jawa Timur Ternyata Wacana? Inilah Rencana Provinsi Blambangan Lepas dari Provinsi Jatim Jadi Wilayah Baru, Pengikut 7 Kabupaten Siap Ikut Andil

Pemekaran Jawa Timur Ternyata Wacana? Inilah Rencana Provinsi Blambangan Lepas dari Provinsi Jatim Jadi Wilayah Baru, Pengikut 7 Kabupaten Siap Ikut Andil

desa-jplenio/pixabay-

Ini menjadi sorotan utama, khususnya di wilayah tapal kuda, yang mencakup sejumlah kabupaten di bagian timur Jawa Timur, seperti Lumajang, Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Jember.

Provinsi baru yang direncanakan di Jawa Timur tidak hanya menjangkau wilayah bagian timur, namun juga memperluas cakupannya ke arah selatan.



Baca juga: Diduga Belum Fix, Rencana Pemekaran Jawa Timur Pisahkan 3 Kabupaten dan Menjadi Wilayah Baru Hanya Sekedar Wacana? Berikut Ulasannya

Baca juga: Pemekaran Wilayah Sumatera Selatan Ikut Senggol Kabupaten Besemah Jadi Wilayah Baru, Benarkah Itu? Berikut Potensi dan Fakta Menarik Pembentukan Daerah Baru

Baca juga: 4 SMA Unggulan di Pasuruan Jawa Timur! Sekolah Favorit yang Didirikan atas Inisiasi Presiden BJ Habibi Meraih Peringkat Pertama, Sekolah Mana yang Dimaksud?





×

Provinsi Mataraman, yang kemungkinan akan memiliki ibu kota di Kediri, mencakup kabupaten dan kota seperti Kediri, Blitar, Nganjuk, Madiun, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Magetan, Ngawi, dan Pacitan.

Selain itu, Madura juga terlibat dalam rencana pemekaran wilayah, dengan rencana membentuk Provinsi Madura yang beribukota di Kota Pamekasan. Wilayah ini mencakup Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Dari ketiga rencana pemekaran wilayah tersebut, Provinsi Blambangan nampaknya menjadi yang paling kontroversial, karena melibatkan sejumlah kabupaten yang memiliki potensi besar.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr