Luasnya Mencapai 1.335,30 km2 Akhirnya Kabupaten di Jateng ini Dimekarkan Untuk Memenuhi Kuota dengan 29 Kabupaten dan 6 Kota, Semarang Ikutan?

Luasnya Mencapai 1.335,30 km2 Akhirnya Kabupaten di Jateng ini Dimekarkan Untuk Memenuhi Kuota dengan 29 Kabupaten dan 6 Kota, Semarang Ikutan?

jawa tengah-sari7/pixabay-

Jarak yang jauh antara daerah perbatasan dengan pusat pemerintahan menjadi penghalang dalam upaya menciptakan pembangunan ekonomi dan infrastruktur yang merata.

Sebuah kabupaten yang dulunya menjadi kota administratif bahkan membuat banyak orang mengira bahwa sudah menjadi kota otonom di Jawa Tengah.



Rencana pemekaran ini menawarkan kesempatan bagi bekas kota administratif tersebut untuk meningkatkan statusnya menjadi kota otonom.

Selain itu, ada lagi rencana untuk memecah satu wilayah menjadi 2 kabupaten baru.

Rencana ini sudah mendapat persetujuan dari bupati, dan kini hanya menunggu moratorium pemekaran wilayah yang dicabut oleh pemerintah pusat.





×

Salah satu kabupaten yang akan dipecah menjadi 3 adalah Banyumas. Kabupaten ini akan dibagi menjadi Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas Barat, dan Kabupaten Banyumas Timur.

Tak hanya itu, ada pula wacana menarik tentang potensi Banyumas dan sekitarnya untuk keluar dari Jawa Tengah dan menjadi provinsi baru yang diberi nama Provinsi Banyumasan.

Rencana ini mencakup beberapa daerah seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen.

Namun, apakah pemecahan Banyumas menjadi 3 daerah baru bertujuan untuk memenuhi kuota pemekaran wilayah?

Baca juga: Luasnya 1.218 Km2, Akhirnya Harus Dimekarkan Demi Buat Kabupaten Lebih Baru dan Mantap, Kalau Dari Medan Cuma 193 KM

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr