sunbanner

Resmi Ganti Nama pada 3 Maret! Akhirnya Kabupaten di Sumatera Utara ini Punya Luas 2.021,80 Km2, Sudah Kantongi Izin Presiden

Resmi Ganti Nama pada 3 Maret! Akhirnya Kabupaten di Sumatera Utara ini Punya Luas 2.021,80 Km2, Sudah Kantongi Izin Presiden

desa-holgerheinze0/pixabay-



Perubahan ini bukan hanya sekedar pergantian nama semata, namun juga sebuah langkah penting dalam menghormati sejarah, budaya, dan ambisi masyarakat yang mendiaminya.

Kabupaten Toba terletak di Pulau Sumatera, dengan batas yang bersebelahan dengan Kabupaten Simalungun di utara, Kabupaten Labuhan Baru Utara dan Kabupaten Asahan di timur, Kabupaten Tapanuli Utara di selatan, serta Danau Toba dan Kabupaten Samosir di barat.

Wilayahnya yang luas menjadi rumah bagi 231 desa, 13 kelurahan, dan 16 kecamatan yang hidup dalam keberagaman budaya yang kaya.



Perubahan nama ini bukanlah keputusan yang diambil secara sembarangan. Melainkan, ia melalui pertimbangan yang matang, mencermati sejarah, budaya, dan aspirasi masyarakat setempat.

Kabupaten ini memang telah lama dikenal dengan sebutan Toba, mengacu pada subsuku Toba Holbung yang menghuni wilayah tersebut.

Maka, dengan mengubah namanya menjadi Kabupaten Toba, pemerintah setempat tidak hanya memberikan identitas baru, tetapi juga memperkuat kelestarian budaya lokal.





×

Baca juga: Menelusuri Keberagaman dan Kepadatan Penduduk Jawa Tengah Lewat 5 Kabupaten Terpadat Ada Sukoharjo Hingga Kudus

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr