Gila! Motor Klasik Legend Vespa SS90 Buatan Tahun 1970 Dipakai Buat Balap

Gila! Motor Klasik Legend  Vespa SS90 Buatan Tahun 1970 Dipakai Buat Balap

Tim Siluman Vespa Racing Project binaan King Aguy memenangkan podium ketiga ajang Scooter Prix menggunakan Vespa SS90 (1970)-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. SonnyWibz

Otomotif1.com l – Siapa yang gak ngilu liat motor klasik legend dipake buat balap? Vespa SS90 buatan tahun 1970 memiliki kisah unik dibalik kemenangannya diajang Scooter Prix, 30 Juni 2024, di Sentul International Karting Circuit.

Menurut Aguy, pemilik Vespa SS90 mengatakan, “Saya hanya mengembalikan marwah motor ini kembali ke porsi nya sebagai motor sport.”




Penampakan rupa asli Vespa SS90 yang legendaris|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Dalam perjalanannya, Vespa SS90 diproduksi antara tahun 1965 – 1971, dan hanya diproduksi sebanyak 5000 unit saja diseluruh dunia.

Motor Vespa Super Sprint 90 ini dibekali dengan mesin 2tak berkapasitas 88,5cc dengan 1 silinder dan rasio kompresi 8:7:1. Dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan mampu melesat hingga 93 km/jam.





×

Lalu berapa sih harga jualnya sekarang? Untuk motor klasik yang legendaris seperti ini biasanya tidak memiliki nilai harga baku dipasaran. Banyak faktor yang meliputinya.

Namun dari hasil penelusuran tim redaksi ditemukan fakta bahwa motor jenis ini pernah ditawar mulai dari Rp300 juta hingga Rp1 Miliar. Bahkan diluar negeri pernah dijual seharga $15,000 atau setara dengan Rp233 juta kala itu.


Tampak depan Vespa SS90 (1970) dari tim balap Siluman Vespa Racing Project |sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Aguy selaku pemilik Vespa SS90 (1970) menyadari hal itu namun Ia sangat menyayangkan jika motor bergenre sport ini tidak digunakan sebagaimana mestinya sebagai motor sport yang memiliki kemampuan luar biasa.

Berawal dari niatnya yang ingin merestorasi kembali namun akhirnya Aguy memutuskan untuk mengembalikan marwah motor sport lengendaris ini menjadi motor balap.

Setelah mencari tahu biaya restorasi motor Vespa SS90 (1970) ini Ia pun yakin dengan keputusannya.

“Kalo saya restorasi biayanya bisa ratusan juta juga, harga stang nya saja udah mahal banget karena memang stok barangnya langka. Mending saya bikin jadi motor balap saja biar kembali ke fungsi dan marwahnya sebagai motor sport,” ungkapnya kepada tim redaksi otomotif1.com.


Vespa SS90 tahun pembuatan 1970 menjadi salah satu motor peserta balap di ajang Scooter Prix|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Di tangan Ponco, Mekanik Leader tim Siluman Vespa Racing Project, Vespa SS90 (1970) disulap menjadi motor balap dan sudah turun dibeberapa ajang balap motor dan meraih podium juara.

Yang membuat penasaran adalah, apa saja ubahan yang dilakukan oleh Ponco terhadap motor legend keluaran Piaggio Italia ini?

Dalam pemaparannya, Ponco menjelaskan bahwa Ia memang melakukan beberapa ubahan yang signifikan seperti pada blok mesin, piston atau seher, silinder head, rasio, kruk as dan diubah menjadi berkapasitas 125cc.


Bagian mesin mendapat banyak ubahan yang signifikan|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Untuk body motor, Ponco mengaku tidak banyak melakukan ubahan, Ia masih mempertahankan bentuk standar. Namun pada shock breaker depan dan belakang Ponco menggunakan produk aftermarket untuk menyesuaikan dengan kebutuhan balapan.

Yang sedikit tampak berbeda adalah penambahan roll bar diantara kursi jok dan dibawah setang yang berfungsi untuk menstabilkan posisi motor dengan pengendara saat  bermanuver di tikungan.

Sebenarnya ini tak beda jauh dengan bentukan asli motor Vespa SS90 (1970) yang menempatkan ban serep dan kompartemen sebagai kotak penyimpanan yang diberi tambahan bantalan dada diatas ban serep.


Penambahan roll bar pada body yang berungsi sebagai penstabil posisi motor dengan pengendara saat bermanuver di tikungan|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Menghadapi ajang balap Scooter Prix, Ponco melakukan ubahan kecil pada ban motor, Ponco menggunakan ban Mitas dengan jenis soft compound.

Dan ubahan kecil lainnya yang dilakukan adalah pada stang yang hanya meninggalkan batang stang tanpa ada asesoris pendukung apapun termasuk speedometer.

Pada ajang Scooter Prix, Vespa SS90 (1970) milik King Aguy turun dikelas 2Tak Small Frame Tune up Open dan meraih podium diposisi ketiga dengan Putra Oktavian sebagai joki balapnya. Luar biasa!


Vespa SS90 tahun pembuatan 1970 menjadi vespoa legend yang turun dalam ajang balap vespa di Scooter Prix|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz


Penambahan footstep dan foot break dengan menghilangkan keberadaan foot break untuk posisi berkendara yang nyaman saat balapan|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz


Stang motor hanya disisakan batang stang tanpa keberadaan speedometer dan asesoris lainnya|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz


Tim balap Siluman Vespa Racing Project bersama Aguy, promotor tim, berfoto bersama usai memenangkan 2 tropi dsri 2 kelas berbeda di ajang Scooter Prix|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz


2 tropy kemenangan tim Siluman Vespa Racing Project yang salah satunya adalah kemenangan dengan menggunakan Vespa SS90 (1970) dengan joki Putra Oktavian di ajang Scooter Prix|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Marco Bezzecchi Raih Podium Di Posisi Ketiga MotoGP Spanyol

Senin / 29-04-2024,20:24 WIB

Kemenangan Marco Bezzecchi di Jerez ini menjadi podium pertamanya di tahun 2024

Marco Bezzecchi Raih Podium Di Posisi Ketiga MotoGP Spanyol

30 Ribu Pecinta Vespa Banjiri Kota Pontedera Peringati Perayaan Ke140 Tahun Vespa World Days 2024

Kamis / 25-04-2024,19:46 WIB

15 Ribu Vespa dari setiap model dan tahun keluaran turut berpartisipasi dalam parade tradisional mengelilingi kota Pontedera

30 Ribu Pecinta Vespa Banjiri Kota Pontedera Peringati Perayaan Ke140 Tahun Vespa World Days 2024

Berita Lainnya

vidstr