Mengungkap Tirai Misteri Mobil Baru Mitsubishi yang Dibawa ke GIIAS 2024

Mengungkap Tirai Misteri Mobil Baru Mitsubishi yang Dibawa ke GIIAS 2024

Mitsubishi PHEV. Foto : by IG Mitsubishi Oficial --

OTOMOTIF1.com - Hanya menyisakan satu minggu gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan berlangsung pada 18-28 Juli 2024. Dalam ajang pameran otomotif terbesar yang diadakan setahun sekali tersebut, Mitsubishi berencana untuk menghadirkan model terbaru di pasar Indonesia.

Hal in i diketahui dari paparan rencana Mitsubishi pada konferensi press GIIAS 2024 beberapa waktu lalu. Di slide pemaparan tersebut, terdapat dua siluet produk yang akan dipajang.



"Kami akan reveal berbagai informasi update, produk, maupun layanan servis. Tentunya ada produk baru yang kami perkenalkan pada kesempatan kali ini, apa produknya? Tunggu saja di preskon GIIAS 2024 nanti," ucap Fajar Pratama, Public Relation & CSR Department Assistant Manager PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Dalam siluet yang ditampilkan sebenarnya tidak banyak memberikan informasi detail tentang produk baru Mitsubishi tersebut, termasuk bentuknya. Namun ada beberapa rencana model yang kemungkinan akan dibawa pada GIIAS 2024.

Dalam slide presentasi tersebut nampaknya memang Mitsubishi berniat mengeluarkan dua model baru. Wujudnya masih sangat sulit ditebak karena tertutup tirai. Banyak yang berspekulasi bahwa itu adalah XForce baru dan Xpander Cross Hybrid.





×

Namun, jika gambar dari perkiraan pengamatan secara spesifik dari bentuk bodi kendaraan yang akan diluncurkan, bukan hal mustahil bahwa salah satu rencananya adalah memboyong model terbaru Mitsubishi Triton.


Mitsubishi All New Triton . (Foto: IG Mitsubishi Oficial)

jika mengingat ucapan Hikarumi selaku Director of Product Strategy Division MMKSI yang mengungkapkan bahwa peluncuran Triton tidak lagi membutuhkan waktu lama. Maka, sudah dipastikan Mitsubishi All New Triton akan meluncur di GIIAS 2024.

Sebagai informasi saja, All New Triton terbaru ini pasti akan masuk ke Indonesia, dan memiliki sejumlah Perubahan sangat total dari segala aspek.

Misalnya saja, All New Triton mendapatkan kemampuan penggerak 4WD menggunakan fitur Mitsubishi Motors Super Select 4WD-II dan Easy Select 4WD System. Ini membuat pengemudi dengan mudah memilih mode penggerak 2H, 4H, 4HLc dan 4LLc untuk beragam kebutuhan permukaan jalan.

Mitsubishi juga menyertakan fitur AYC untuk pengendalian sempurna di tikungan. Selain itu hadir juga fitur Active Stability & Traction Control, hill descent control, juga hill smart assist. Fitur canggih juga disertakan untuk kenyamanan berkendara, misal adaptive cruise control, forward collision mitigation system, blind spot warning, lane change assist, dan rear cross traffic alert.

Terakhir soal performa. All New Triton memiliki tenaga buas karena ditopang menggunakan mesin 4N16 2.4L turbo charger diesel dengan tenaga 200 hp dan torsi 470 Nm.

Jika melihat Kondisi geografis di Indonesia yang sangat ekstrem, pertambangan dan perkebunan di Indonesia adalah kondisi yang terberat, maka Mitsubishi All New Triton adalah kendaraan yang sangat pas untuk kondisi alam tersebut.

Produk lainnya yang kemungkinan akan diperlihatkan, tapi belum tentu dijual, adalah Xpander dan Xpander Cross HEV. Keduanya sudah meluncur di Thailand.

Sejujurnya, model ini yang banyak dinanti di Tanah Air. Selain itu, mengingat MPV dan SUV ini mengusung teknologi elektrifikasi, sudah pasti sejalan dengan tawaran teknologi Mitsubishi pada produk yang lebih ramah lingkungan.

Meski sudah berulang kali pihak Mitsubishi mengungkapkannya, kehadiran produk hybrid tersebut belum memiliki waktu untuk diungkap atau diluncurkandi Indonesia, alasan karena pasar kendaraan hibrida yang tidak semenarik di Thailand jadi alasan. Negara tetangga itu memang dikenal dengan keseriusannya menggarap pasar hybrid yang membuat produsen berlomba-lomba menghadirkan beragam model kendaraan efisien bahan bakar.

Secara bentuk, kedua model tidak berbeda dengan versi mesin konvensional. Namun dari sisi teknologi berbeda. Highlight kehadiran Xpander ini jelas pada tawaran teknologi hibridanya. Mitsubishi memperkenalkan teknologi e:Motion yang pertama hadir pada Xpander. Terdapat tujuh mode berkendara yang bisa dipilih pengemudi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan yakni mode Normal, Charge, EV, Wet, Gravel, Tarmac dan Mud.

Teknologi e:Motion sendiri merupakan hybrid pintar yang mampu menyesuaikan dengan gaya berkendara pengemudi. Komputer akan mengubah cara kerja penggerak ke full EV, hybrid series, hybrid pararel sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Mitsubishi juga menyertakan pengereman regeneratif yang akan mengisi daya ke baterai berjenis lithium-ion Xpander HEV.

Xpander menggunakan mesin 1.590 cc atau 1.6L dengan kode 4A92 Mivec DOHC. Mesin ini menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 134 Nm. Jika digabungkan dengan motor listriknya, tenaganya melonjak menjadi 116 PS atau sekitar 114 hp dan torsi 255 Nm. Hadir juga fitur lainnya seperti Active Yaw Control (YAW), Steering Control, Acceleration Control hingga Traction Control.

Untuk menjawab rasa tersebut, Fajar Pratama selaku Public Relation & CSR Department Assistant Manager PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan penjelasan singkatnya.

“Tentunya ada produk baru yang kami perkenalkan pada kesempatan kali ini, apa produknya? Tunggu saja di preskon (di GIIAS 2024) nanti,” ucap M Fajar Pratama saat jumpa pers GIIAS 2024 di Jakarta Selatan, Rabu 12 Juni 2024.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr