sunbanner

Kota Terluas di Sulawesi Selatan Pilih Bergabung Provinsi Baru? Intip Wacana Pemekaran Provinsi Luwu Raya dan Potensi Mendunianya

Kota Terluas di Sulawesi Selatan Pilih Bergabung Provinsi Baru? Intip Wacana Pemekaran Provinsi Luwu Raya dan Potensi Mendunianya

daerah-broeasied/unplash-

Dalam segi geografis, Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas wilayah yang mencapai 45.330,550 kilometer persegi.

Namun, di dalam keragaman wilayahnya, terdapat perbedaan yang signifikan dalam ukuran geografis antar wilayah administratif di provinsi ini.



Dalam Laporan Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka 2023, diketahui bahwa Kota Parepare merupakan daerah terkecil di provinsi ini, dengan luas wilayah yang mencapai sekitar 89,670 kilometer persegi.

Di sisi lain, Kabupaten Luwu Timur adalah wilayah terluas di Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah yang mencapai 6.745,921 kilometer persegi.

Kota Palopo, yang terletak sekitar 125 kilometer dari Kota Makassar, menonjol sebagai salah satu kota terluas di Provinsi Sulawesi Selatan jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di wilayah ini.





×

Dengan luas wilayah mencapai 273,235 kilometer persegi, Kota Palopo memiliki karakteristik geografis yang sangat berbeda dari wilayah lain di provinsi ini.

Baca juga: Provinsi Sulawesi Selatan Garap Daerah Baru, Kota Kecil Ini Bakal Jadi Ibu Kotanya, Makassar Punya Saingan Berat Nih!

Baca juga: Wacana Pemekaran Lampung Namanya Apa? Isu 4 Kabupaten Ini Bakal Jadi Satu Provinsi Baru Sebab Miliki Penduduk yang Padat

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr