sunbanner

18th GIAC 2024 Soroti Inovasi Teknologi dan Kebijakan Kurangi Emisi Gas Buang Kendaraan

18th GIAC 2024 Soroti Inovasi Teknologi dan Kebijakan Kurangi Emisi Gas Buang Kendaraan

GIAC 2024 soroti inovasi teknologi dan kebijakan untuk pengurangan emisi kendaraan-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. SonnyWibz

Otomotif1.com l – GAIKINDO International Automotive Converence (GIAC) 2024 digelar pada Selasa, 23 Juli 2024, bersamaan dengan diselenggarakannya ajang pameran GAIKINDO Indonesìa International Auto Show (GIIAS) 2024.

GIIAS 2024 juga menjadi wadah bagi para pakar otomotif, penjabat pemerintah, dan pemangku kepentingan industri untuk berdiskusi tentang masa depan mobilitas global.



Turut hadir dalam GIAC 2024 sebagai keynote speaker adalah Agus Tjahajana Wirakusumah selaku Staff Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dan juga empat pembicara lainnya sebagai narasumber GIAC 2024 yaitu Muhammad Rachmat Kaimuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kemenko Maritim dan Investasi, Mr. Hitoshi Hayashi selaku Head of Fuels and Lubricants Sub-Committee, Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA).

Mr. Wang Yao PhD selaku Deputy Chief Engineer China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) dan Mr. Shigetaka Hamada, General Manager Hydrogen System Products Development Div, Toyota Motor Corporation (TMC). Dan yang bertindak sebagai moderator dalam acara diskusi kali ini adalah Yuniadi H. Hartono.

GIAC 2024 akan menyoroti tema utama "Inspiration, Innovation on Zero Emission," dengan fokus pada inovasi teknologi dan kebijakan untuk mengurangi emisi kendaraan.





×

Konferensi ini diharapkan menjadi platform penting untuk membahas tantangan dan peluang dalam mewujudkan mobilitas berkelanjutan di masa depan.

Pengurangan emisi karbon, jadi program besar pemerintah di segala sektor industri tak terkecuali di sektor otomotif. Mulai dari fase awal kehadiran kendaraan listrik seperti sistem hybrid ringan hingga kendaraan listrik berbasis baterai sudah mulai dilakukan.

Namun beberapa faktor dan alasan, masih membuat masyarakat sanksi menggunakan kendaraan berbasis baterai. Salah satu solusi yang kini ditempuh adalah diterapkannya penggunaan bahan bakar baru dan terbarukan seperti bio ethanol.

Hal ini pun dibahas lengkap dalam dialog GAIKINDO International Auto Conference (GIAC) di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE, BSD City yang berlangsung sejak 18 Juli hingga 28 Juli nanti.

Staf Khusus Kementerian ESDM, Agus Tjahajana dalam pemaparannya mengungkapkan Indonesia telah berkomitmen di forum transisi energi dunia, bahwa di 2030 akan mampu menurunkan emisi karbon nasional hingga 32 persen dan 40% bila kerja sama dengan dunia Internasional.

"Target emisi sektor energi sebesar 1.311 juta ton hingga 1.230 juta ton co2 ekuivalen ataudan pemanfaatan energi baru serta terbarukan akan dipercepat peningkatannya dari 11,5% pada 2019 menjadi 31% pada 2050. Kami percaya industri otomotif akan mendukung kesuksesan pemerintah dalam menurunkan emisi CO2 dari sektor transportasi melalui berbagai cara. Salah satunya dengan implementasi flexy engine. Artinya sebuah kendaraan bisa menggunakan penggerak lsitrik dan juga berbahan bakar nabati, sehingga disebut hibrida. Jadi nantinya ini ideal yang polusinya hampir tidak ada tapi infrastruktur seperti SPBU masih beroperasi. Ini merupakan salah satu solusi baik dalam karena konsumen ragu dan bertanya kelengkapan ekosistem kendaraan lsitrik," ungkap Agus Tjahajana, (23/7).

Agus Tjahajana juga memaparkan bahwa transisi ke kendaraan listrik saat ini juga tetap diupayakan pemerintah melalui ragam cara. Tapi pilihan-pilihan terhadap solusi untuk mengurangi CO2 tetap terbuka lebar.

Sesuai dengan program pemerintah, ragam kendaraan ramah lingkungan juga banyak yang dipajang di GIIAS 2024. Mulai dari teknologinya, inovasi terbaru yang dilakukan ragam merek kendaraan, hingga aneka solusi industri mengurangi emisi karbondioksida.

Segala keseruan dari inovasi dan teknologi yang dihadirkan hanya dapat disaksikan di GIIAS 2024.

Dapatkan penawaran spesial tiket GIIAS 2024 secara online lewat aplikasi Auto360 dengan harga tiket weekdays (Senin-Jumat) Rp 50.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp 100.000 sedangkan tiket masuk secara on the spot bisa dibeli pada area pameran dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 75.000,- dan Rp 125.000,- pada weekends (Sabtu-Minggu).

Dukungan untuk GIIAS 2024 juga terus digaungkan dari pihak sponsor. Astra Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2024 bersama FIFGROUP, Astra Credit Companies, Toyota Astra Finance Services, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Maucash, Moxa, SEVA dan BANK SAQU by Bank Jasa Jakarta.

Selain itu, GIIAS 2024 juga mendapat dukungan Powered by Pertamina, OLXmobbi yang merupakan bagian dari grup Astra sebagai Official Trade in Partner serta sponsor lainnya yaitu GT Radial, JKIND, Protera, Astra Honda Motor, Superchallenge, Le Mineralle, Teh Pucuk Harum, Kahf dan Grab.

GIIAS The Series 2024

  • GIIAS the series 2024 akan hadir diempat kota strategis di Indonesia, yakni:
  • GIIAS Tangerang : 18–28 Juli 2024 di ICE – BSD City, Kab. Tangerang
  • GIIAS Surabaya : 28 Agustus–1 September 2024 di Grand City Convex, Surabaya.
  • GIIAS Bandung : 25–29 September 2024 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung.
  • GIIAS Semarang : 23–27 Oktober 2024 di Muladi Dome Undip, Semarang.

Untuk informasi terkini dan lebih lanjut tentang pameran GIIAS, kunjungi www.indonesiaautoshow.comwww.indonesiaautoshow.com/.


***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr