sunbanner

2 Kabupaten Ini Segera Terlepas dari Provinsi Bengkulu, Bisa Tebak Wilayah Mana? Simak Sisa Daerah Jika Wacana Ini Berhasil

2 Kabupaten Ini Segera Terlepas dari Provinsi Bengkulu, Bisa Tebak Wilayah Mana? Simak Sisa Daerah Jika Wacana Ini Berhasil

daerah-erol-ahmed/unplash-

Ini adalah hasil penjumlahan luas wilayah Bengkulu dengan luas wilayah Kabupaten Pesisir yang sebelumnya mencakup Krui, serta luas wilayah Empat Lawang.

Meskipun terjadi perubahan, Provinsi Bengkulu masih tetap tergolong sebagai provinsi terkecil dalam hal luas wilayah di daratan Sumatera.



Bahkan, dalam perbandingan luas wilayah di antara 10 provinsi Sumatera, Bengkulu tetap menduduki posisi ketiga dalam hal luas wilayah.

Meskipun wilayahnya terbilang kecil, provinsi ini masih lebih luas dari Provinsi Bangka Belitung yang memiliki luas 16.691 KM2, serta Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang luas wilayahnya hanya mencapai 8.270 KM2.

Melalui perubahan geografis dan perpindahan wilayah ini, kita dapat melihat bagaimana ukuran dan letak suatu provinsi dapat berubah seiring dengan dinamika geografis yang terjadi di dalamnya.





×

Transformasi ini mengingatkan kita bahwa luas wilayah adalah lebih dari sekadar angka; ia mencerminkan perubahan dan perjalanan suatu provinsi.

Baca juga: Wacana Pemekaran Lampung Namanya Apa? Isu 4 Kabupaten Ini Bakal Jadi Satu Provinsi Baru Sebab Miliki Penduduk yang Padat

Baca juga: Siapakah Pemenang Indonesian Movie Actors Awards 2023? Prilly Latuconsina Bawa Pulang Penghargaan Dua Sekaligus, Berikut Daftar Pemenangnya!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr