sunbanner

Heboh Isu Pemekaran Wilayah! Provinsi Ini Jadi Satu-satunya Hempas Kabar Daerah Baru, Tetap Utuh Sejak 1945, Bisa Tebak Wilayah Mana?

Heboh Isu Pemekaran Wilayah! Provinsi Ini Jadi Satu-satunya Hempas Kabar Daerah Baru, Tetap Utuh Sejak 1945, Bisa Tebak Wilayah Mana?

Peta Jatim-map data/google-

Daerah di Indonesia yang Tidak Kenal Pemekaran Wilayah 

Seiring berjalannya waktu, keputusan diambil untuk melakukan pemekaran wilayah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemekaran berarti meluas, menjadi besar, atau bertambah banyak.

Ini mencakup pembentukan atau penggabungan wilayah administratif baru di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten dari wilayah induknya.



Hasil dari upaya pemekaran ini adalah loncatan angka provinsi Indonesia dari 8 menjadi 38.

Namun, ironisnya, tidak banyak yang menyadari bahwa ada satu provinsi yang masih mempertahankan kesatuan wilayahnya sejak perayaan kemerdekaan. Provinsi tersebut adalah Jawa Timur.

Baca juga: UPDATE! Harga BBM Nonsubsidi di Seluruh Indonesia Rabu 1 November 2023, Pertamax dan Dexlite Banting Nominal





×

Jawa Timur adalah contoh nyata dari provinsi yang masih utuh sejak Indonesia merdeka. Walaupun banyak yang mungkin tidak menyadari, daerah istimewa Surakarta sebelumnya telah bergabung dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Namun, tidak begitu dengan Jawa Timur, yang hingga saat ini tetap utuh tanpa pemekaran wilayah yang signifikan.

Meski begitu, sejarah pemekaran wilayah di Indonesia mencatat berbagai perubahan yang signifikan. Sebagai contoh, Jawa Barat pernah mengalami pemekaran yang menghasilkan dua provinsi, yaitu Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Wacana 2 Kabupaten di Bengkulu Keluar Terwujud, Provinsi Ini Bakal Jadi Wilayah Terkecil se-Sumatera?

Baca juga: Siapakah Pemenang Indonesian Movie Actors Awards 2023? Prilly Latuconsina Bawa Pulang Penghargaan Dua Sekaligus, Berikut Daftar Pemenangnya!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr