sunbanner

Provinsi Ini Gak Bakal Lakukan Pemekaran Wilayah Meski Kokoh Sejak 78 Tahun yang Lalu, Ternyata Ini Keunggulan Jawa Timur

Provinsi Ini Gak Bakal Lakukan Pemekaran Wilayah Meski Kokoh Sejak 78 Tahun yang Lalu, Ternyata Ini Keunggulan Jawa Timur

Surabaya-aulia-azharudd/unplash-

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemekaran berarti meluas, menjadi besar, atau bertambah banyak.

Ini mencakup pembentukan atau penggabungan wilayah administratif baru di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten dari wilayah induknya.



Hasil dari upaya pemekaran ini adalah loncatan angka provinsi Indonesia dari 8 menjadi 38.

Namun, ironisnya, tidak banyak yang menyadari bahwa ada satu provinsi yang masih mempertahankan kesatuan wilayahnya sejak perayaan kemerdekaan. Provinsi tersebut adalah Jawa Timur.

Baca juga: Heboh Isu Pemekaran Wilayah! Provinsi Ini Jadi Satu-satunya Hempas Kabar Daerah Baru, Tetap Utuh Sejak 1945, Bisa Tebak Wilayah Mana?





×

Baca juga: Wacana Pemekaran Lampung Namanya Apa? Isu 4 Kabupaten Ini Bakal Jadi Satu Provinsi Baru Sebab Miliki Penduduk yang Padat

Jawa Timur adalah contoh nyata dari provinsi yang masih utuh sejak Indonesia merdeka. Walaupun banyak yang mungkin tidak menyadari, daerah istimewa Surakarta sebelumnya telah bergabung dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Namun, tidak begitu dengan Jawa Timur, yang hingga saat ini tetap utuh tanpa pemekaran wilayah yang signifikan.

Meski begitu, sejarah pemekaran wilayah di Indonesia mencatat berbagai perubahan yang signifikan. Sebagai contoh, Jawa Barat pernah mengalami pemekaran yang menghasilkan dua provinsi, yaitu Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr