sunbanner

Provinsi Ini Gak Bakal Lakukan Pemekaran Wilayah Meski Kokoh Sejak 78 Tahun yang Lalu, Ternyata Ini Keunggulan Jawa Timur

Provinsi Ini Gak Bakal Lakukan Pemekaran Wilayah Meski Kokoh Sejak 78 Tahun yang Lalu, Ternyata Ini Keunggulan Jawa Timur

Surabaya-aulia-azharudd/unplash-

Daerah di Indonesia yang Tidak Kenal Pemekaran Wilayah 

Pemekaran wilayah telah menjadi topik perbincangan sengit, terutama mengenai Sumatera Selatan dan Provinsi Sulawesi yang berpotensi melahirkan provinsi-provinsi baru.

Namun, dalam keriuhan perdebatan ini, seringkali terlupakan fakta bahwa masih ada provinsi di Indonesia yang telah teguh mempertahankan kesatuan wilayahnya sejak kemerdekaan pada tahun 1945.



Sejarah pemekaran wilayah di Indonesia memiliki catatan yang panjang, yang tak terlepas dari luasnya geografis yang dimiliki.

Saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, negara ini hanya terdiri dari 8 provinsi.

Kedelapan provinsi tersebut meliputi Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil.





×

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Wacana 2 Kabupaten di Bengkulu Keluar Terwujud, Provinsi Ini Bakal Jadi Wilayah Terkecil se-Sumatera?

Baca juga: Siapakah Pemenang Indonesian Movie Actors Awards 2023? Prilly Latuconsina Bawa Pulang Penghargaan Dua Sekaligus, Berikut Daftar Pemenangnya!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr