sunbanner

5 Kabupaten Ini Digadang Keluar dari Sumut! Provinsi Baru Tapanuli Pemekaran Sumatera Utara Ini Bakal Jadi Calon Wilayah Terkaya?

5 Kabupaten Ini Digadang Keluar dari Sumut! Provinsi Baru Tapanuli Pemekaran Sumatera Utara Ini Bakal Jadi Calon Wilayah Terkaya?

daerah-pasja1000/pixabay-

Pertanyaan yang muncul adalah kota kecil mana yang akan diusulkan sebagai ibu kota provinsi baru di Medan, Sumatera Utara?

Kota yang telah direncanakan akan menjadi ibu kota provinsi baru ini adalah Sibolga, yang juga merupakan kota terkecil di wilayah Medan, bahkan di seluruh Indonesia.



Dilihat dari segi luas wilayahnya, Kota Sibolga hanya mencakup sekitar 10,77 km², yang setara dengan 107.700 hektar.

Jika wacana ini mendapatkan persetujuan dan terwujud, Sibolga akan menjadi ibu kota dari Provinsi Tapanuli.

Rencananya, Provinsi Tapanuli akan meliputi lima kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kota Sibolga.





×

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Wacana 2 Kabupaten di Bengkulu Keluar Terwujud, Provinsi Ini Bakal Jadi Wilayah Terkecil se-Sumatera?

Baca juga: Libatkan 9 Kabupaten! Provinsi Papua Tengah Merencanakan Pemekaran Wilayah Maupun Daerah Guna Rajut Harapan Baru, Benar Teralisasikan?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr