sunbanner

Forwan dan PPMKI Gelar Pameran Indonesia Classic Expo (ICE) 2024, Dibuka Oleh Bamsoet

Forwan dan PPMKI Gelar Pameran Indonesia Classic Expo (ICE) 2024, Dibuka Oleh Bamsoet

Press conference Indonesia Classic Expo 2024 di Rumah Sarwono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. Wibz

Otomotif1.com l – Ajang pameran mobil klasik Indonesia Classic Expo (ICE) 2024 siap digelar pada tanggal 24 – 25 Agustus 2024 mendatang di Rumah Sarwono, Jln. Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ajang pameran ini merupakan hasil kolaborasi antara Forum Wartawan Hiburan (Forwan) dan Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI).



Menampilkan puluhan mobil klasik bernilai sejarah yang pernah ada di Indonesia dan dalam kondisi baik dan terawat.


Rolls-Royce Silver Shadow II pernah digunakan oleh Ratu Elisabeth saat berkunjung ke Indonesia menjadi salah satu Star of The Show ajang Indonesia Classic Expo 2024|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Sutrisno Buyil, selaku Ketua Umum Forwan menyambut baik kerjasama unik ini. Melihat antusiasme dan minat masyarakat khususnya dikalangan selebritis terhadap mobil klasik ini yang sangat tinggi, membuat organisasi wartawan yang memiliki anggota hingga ratusan media ini tergerak untuk memfasilitasi dan menyelenggarakan event bergengsi ini.





×

“Meskipun sedikit berseberangan dengan job desk harian kami sebagai wartawan hiburan, namun bagi kami ini adalah hal menarik dan tantangan untuk dihadirkan kepada masyarakat dan memperkenalkan lebih dekat kepada masyarakat seputar mobil klasik,” ujar Sutrisno Buyil.

Dalam ajang perdana Indonesia Classic Expo 2024 akan menampilkan puluhan mobil klasik yang memiliki nilai sejarah dimasanya dan bernilai miliaran rupiah.

Tak semua mobil klasik mempunyai kisah dan nilai sejarah tertentu. Dan tak semua mobil klasik dapat masuk dalam kategori mobil klasik bersejarah.

Sebuah mobil dapat masuk dalam kategori mobil klasik bersejarah jika mobil tersebut memiliki kisah tertentu dimasa lalu dan berkait dengan sejarah nasional maupun dunia.

Beragam merek mobil klasik ternama akan hadir dan membawa kisah masa lalunya yang penuh cerita bersejarah dimasanya.


Mercedes-Benz 500SEL buatan tahun 1987 milik Bambang Soesatyo ini pernah digunakan sebagai mobil kenegaraan Presiden RI ke-2|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Salah satunya dan menjadi “Maskot ICE 2024” adalah Rolls-Royce Silver Shadow II tahun pembuatan 1973 milik Bambang Susatyo, Ketua MPR RI dan Ketua IMI. Mobil ini pernah digunakan sebagai mobil kenegaraan yang digunakan oleh Ratu Elisabeth II saat berkunjung ke Indonesia pada 15-22 Maret 1974.

Mercedes-Benz 500SEL yang dilansir tahun 1987 milik Bambang Susatyo, merupakan mobil yang pernah digunakan sebagai mobil dinas Presiden RI ke-2, juga turut melengkapi deretan mobil yang menjadi “Star of the Show” ICE 2024.

Selain Rolls-Royce Silver Shadow II dan Mercedes-Benz 500SEL, ICE 2024 juga akan menghadirkan Chevrolet Camaro Z28 yang merupakan harta karun terpendam dan dinobatkan sebagai “The One and The Only Chevrolet Camaro Z28 Authentic From Indonesia”. Dan diakui sebagai salah satu The Indonesian Heritage. Chevrolet Camaro Z28 menjadi salah satu “Star of The Show” ICE 2024”.

Satu-satunya Chevrolet Camaro Z28 lansiran tahun 1972 yang ditemukan di Indonesia pada tahun 2007 yang sempat terbengkalai. Setelah melalui peneliian dan penelusuran menyeluruh dan terbukti bahwa Chevrolet Camaro Z28 ini asli dibawa masuk ke Indonesia dengan dilengkapi surat resmi pabrikan yang menyatakan keaslian produk.

Chevrolet Camaro Z28 kemudian direstorasi kembali untuk mendapatkan bentuk aslinya kembali dan dapat kembali berfungsi meskipun secara mechatronic mesin belum sempurna.

Cecil B. Silano, selaku pemilik Chevrolet Camaro Z28 dan pengurus PPMKI menjelaskan bahwa proses dalam restorasi Camaro Z28 tidak sama dengan restorasi pada umumnya. Ia berhasil mendapat beberapa komponen asli Camaro Z28 sehingga ke autentikan nya dapat terjaga.


Chevrolet Camaro Z28 buatan tahun 1972, salah satu mobil Heritage of Indonesia dan memiliki gelar The and The Only Chevrolet Camaro Z28 Autenthic From IndonesiaIndonesia|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Berkait dengan ajang ICE 2024, Cecil menginformasikan bahwa PPMKI akan menurunkan 3 koleksi mobil klasik andalannya pada event Indonesia Classic Expo 2024.

Selain kedua “Star of The Show” ICE 2024” diatas, juga akan hadir Chevrolet El Camino buatan tahun 1960, Mercedes-Benz W170S lansiran tahun 1953,

Secara keseluruhan terdapat 6 unit mobil klasik yang akan dipamerkan sebagai “Star of The Show”. Keenam unit mobil ini akan menjadi maskot dari ajang Indonesia Classic Expo 2024.

Beberapa unit mobil dan motor klasik yang akan diperjual belikan di event Indonesia Classic Expo 2024, diantaranya: Mercedes-Benz 280S, Mercedes W108 280S Matic lansiran tahun 1971, Mercedes-Benz W280S lansiran tahun 1970, Ford Mustang lansiran tahun 1967, Vebriolet 2 pintu buatan tahun 1964, Mercedes-Benz W108 280S buatan tahun 1970, Mercedes-Benz Unimog 1300L (4000cc) buatan tahun 1990, Mercedes-Benz buatan tahun 1964, Fiat buatan tahun 1961, Mercedes-Benz W123 280 buatan 1977, Jeep Willys Looks 44 Style buatan tahun 1954.

Tak hanya itu, sederetan motor klasik juga akan masuk dalam daftar yang akan diperjual belikan. Diantaranya: Vespa Primavera Fox buatan tahun 1976, Vespa VL2 buatan 1955, 2 unit Vespa VBB buatan tahun 1964, Vespa VNB 6 tahun 1966, Vespa VBB biatan tahun 1965, Vespa VNB 2 Cepuk, Velpa VGLB tahun 1963, Vespa VGLA tahun 1963, Victory Motorcycles USA buatan tahun 2012, Indian Motorcycles USA buatan tahun 2014, Harley-Davidson USA serie 90th Anniversary Softail Nostalgia 901 of 2700 buatan tahun 1993, Harley-Davidson USA seri 95th Anniversary Fatboy Last Evolution Engine 243 of 3500, Triumph Motorcycles, British, buatan tahun 2012, Harley-Davidson USA seri 100th Anniversary Roadking Classic buatan tahun 2012.

Menurut Gamal Putra SE, selaku penggagas sekaligus Ketua Panitia ICE 2024 mengatakan, “Event ini adalah event pameran kendaraan klasik pertama di Indonesia yang akan menampilkan mobil dan motor klasik dari berbagai genre, jadi kami yakin akan menjadi sesuatu yang spektakuler. Alasannya adalah karena kami akan menampilkan koleksi mobil dan motor lawas dari beberapa kolektor dan penggemar mobil dan motor klasik dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya kuno dan antik, tetapi beberapa diantaranya akan menjadi maskot karena memiliki latar belakang histori yang menarik untuk diketahui.”

Gamal juga berharap event ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan dengan tema dan warna yang berbeda-beda dan menarik bagi pengunjung.

Gamal juga mengingatkan bahwa Ketua MPR RI, Bambang Susatyo, sudah menyatakan kesiapan dirinya untuk membuka ajang pameran mobil klasik bergengsi Indonesia Classic Expo 2024.

Ajang ini akan dikemas secara eksklusif berkelas. Seperti disampaikan oleh Gamal, ICE 2024 akan dihadiri oleh Sosialita, Komunitas penggemar mobil klasik Indonesia yang tergabung dalam PPMKI, serta penggemar mobil klasik dan antik lainnya.

Salah satu warna lain yang akan ditampilkan dalam event ini adalah peragaan busana dengan tema Classic Active. Tema ini pernah dibawakan Nina Nugroho dalam acara Fashion Show di Italia.

Nina Nugroho akan membawakan 6 busana berbeda diantaranya, kulot, skirt, long outter dengan kombinasi warna teracotta dan gold yang akan disesuaikan dengan tema acara yakni Great Gatsby, bermotif dasar songket yang menonjolkan kefeminiman, klasik dan elegan.

“Diharapkan ajang pameran ini daoat menjadi wadah tempat bertemunya para pecinta, penggemar, dan kolektor mobil dan motor klasik Indonesia sehingga dapat terjalin tali silaturahmi yang erat. Kami juga akan mengundang beberapa komunitas motor besar, serta tamu undangan lainnya secara eksklusif,” terang Gamal.

Beberapa sajianpun telah dipersiapkan secara eksklusif dan elegan dalam menunjang jalannya acara bergengsi ini. Diramu sedemikian rupa dengan tingkat eksklusifitas yang tinggi, dekorasi etnik turut menghiasi area pameran yang dibalut dengan premium entertainment serta booth stand dari eksklusif brand dan sponsor.

Ajang pameran ICE 2024 juga akan menghadirkan sederetan mobil dan motor yang akan diperjual belikan selama pameran berlangsung. Setiap pengunjung dapat berpartisipasi langsung dalam transaksi jual beli ini sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Tak hanya sederetan mobil dan motor klasik yang ditawarkan, tetapi juga kendaraan second hand dengan kualitas baik dan layak serta harga bersaing akan menjadi poin menarik lainnya.

ICE 2024 diselenggarakan secara terbuka, dan dibuka untuk umum. Masyarakat dapat mengakses akun instagram @indonesiaclassicexpo melalui admin pendaftaran pengunjung.

Gamal menegaskan, hal ini dilakukan untuk menjaga eksklusifitas acara dan kenyamanan bagi tamu undangan dalam menikmati seluruh rangkaian acara. “Selain itu, keterbatasan tempat juga menjadi hal yang utama sehingga acara pameran dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Kenyamanan pengunjung dan tamu undangan menjadi kunci utama bagi kami,” tukas Gamal menutup.

***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr