sunbanner

Sumut Makin Sempit! Kepulauan Nias Hengkang dari Provinsi dan Bentuk Daerah Baru? Ini Daftar Kabupaten yang Bergabung

Sumut Makin Sempit! Kepulauan Nias Hengkang dari Provinsi dan Bentuk Daerah Baru? Ini Daftar Kabupaten yang Bergabung

daerah-olga-lincat/pexels-

Sumatera Utara, provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera, Indonesia, memiliki sejumlah wilayah yang potensial untuk pemekaran.

Dalam upaya untuk memperkuat wilayahnya sendiri, beberapa daerah di Sumatera Utara tengah diisukan akan membentuk sebuah provinsi baru yang memiliki otonomi administratif tersendiri.



Wacana mengenai pemekaran provinsi baru di wilayah Medan, Sumut, menjadi perbincangan menarik.

Salah satu kota kecil di Sumatera Utara dianggap akan menjadi pusat pemerintahan dari provinsi baru ini. Dengan jarak tempuh yang relatif dekat, sekitar 340,3 kilometer dari Medan, kota kecil ini memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan pusat wilayah tersebut.

Baca juga: Libatkan 9 Kabupaten! Provinsi Papua Tengah Merencanakan Pemekaran Wilayah Maupun Daerah Guna Rajut Harapan Baru, Benar Teralisasikan?





×

Lebih menariknya lagi, kota kecil ini memiliki luas wilayah yang terbatas, menjadikannya salah satu yang terkecil di seluruh Indonesia.

Kota yang direncanakan menjadi ibu kota provinsi baru ini adalah Sibolga. Sibolga, yang terletak di sepanjang pantai barat Sumatera Utara, memiliki luas wilayah sekitar 10,77 km² atau setara dengan 107.700 hektar.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr