sunbanner

Cara Nudah, Menjaga Temperatur Mesin Peugeot Stabil agar Performa Terjaga

Cara Nudah, Menjaga Temperatur Mesin Peugeot Stabil agar Performa Terjaga

--

OTOMOTIF1.com - Perawatan mesin identik dengan performa mobil. Mesin menjadi bagian penting dalam me-maintenance perawatan pada kendaraan. Agar mesin bisa bekerja secara efisien dan optimal, suhu mobil harus terjaga. Pastikan, temperaturnya tidak terlalu dingin dan panas.

Agar suhu mesin tetap terjaga, perhatikan sistem pendingin atau cooling system di kendaraan. Fungsi dari cooling system adalah untuk mengatur dan menjaga suhu mesin agar selalu ideal.



“Suhu ideal pada mesin Peugeot adalah 90-108˚C. jika suhu mesin terlalu dingin bisa mengakibatkan bahan bakar lebih boros dan jika mesin terlalu panas akan menyebabkan kendaraan mogok karena kerusakan mesin”, jelas Eko Darmanto Service Advisor Peugeot After Sales cabang Sunter, Jakarta.

Caranya pun mudah, untuk menjaga suhu mesin adalah dengan cara memperhatikan kondisi coolant atau air pendingin di tabung reservoir yang berada di ruang mesin.





×

“Air pendingin atau coolant yang ada di tabung reservoir seharusnya berada pada level antara Maksimum (Max) dan Minimum (Min). Jika berada di bawah level Min, segera tambahkan. Namun jika setelah ditambahkan tetap berkurang, hubungi bengkel resmi Peugeot terdekat untuk konsultasi”, tambah Eko.

Nah selain itu, ada beberapa langkah untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil. Periksa kebersihan kisi-kisi radiator jangan sampai ada kotoran yang menghambat proses pendinginan air radiator, semprot dengan air jika diperlukan.


Kemudian periksa kekencangan selang-selang radiator dan putaran kipas radiator. Untuk memeriksa putaran kipas radiator, Anda perlu menghidupkan mesin dan AC. Jika AC mobil sehat dan dingin, berarti kipas pendingin dalam kondisi bagus.

Umumnya jika suhu mesin bermasalah, saat berkendara suhu mesin yang di tampilkan di instrument panel akan naik dari batas standard nya dan lama kelamaan akan muncul tanda “STOP” dan suara agar pengemudi menghentikan kendaraannya. Hubungi bengkel resmi terdekat atau Emergency Road Assistance (ERA) dari Astra World jika terjadi masalah ini.

Pastikan suhu mesin tetap stabil agar performa Peugeot optimal.

 

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr