sunbanner

Daimler Truk AG Umumkan Regenerasi Di Tingkat Tertinggi Perusahaan Daimler Truck AG

Daimler Truk AG Umumkan Regenerasi Di Tingkat Tertinggi Perusahaan Daimler Truck AG

Daimler Truck AG-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. Wibz

Otomotif1.com l – Daimler Truck AG umumkan regenerasi di puncak tertinggi perusahaan dengan formasi Board of Director yang baru.

Pergeseran kepemimpinan ini dilakukan oleh Supervisory Board dari Daimler Truck Holding AG yang secara resmi telah menunjuk Karin Rådström sebagai Chief Executive Officer (CEO) baru, efektif mulai tanggal 1 Oktober 2024, dan akan menjabat hingga 31 Januari 2029.




Karin Rådström selaku CEO baru Daimler Truck AG|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Karin Rådström akan menggantikan Martin Daum yang secara bersamaan akan mengundurkan diri sebagai CEO guna membuka jalan bagi transformasi perusahaan menuju babak selanjutnya.

Untuk mendukung kelancaran proses peralihan jabatan, Martin Daum akan tetap menjadi anggota penuh Board of Management hingga 31 Desember 2024.





×

Chairman of the Supervisory Board Daimler Truck Holding AG, Joe Kaeser, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Martin Daum atas pencapaian dan komitmennya yang luar biasa dalam perjalanan karir selama hampir empat dekade di Daimler.


Joe Kaeser selaku Ketua Dewan Pengawas -Chairman of Supervisory Board- Daimler Truck Holding AG|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

“Secara pribadi dan atas nama seluruh Supervisory Board, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Martin Daum atas komitmen dan hasil yang luar biasa. Ia telah memimpin transisi Daimler Truck menjadi sebuah perusahaan yang terdaftar di DAX dengan cara yang meyakinkan. Dengan demikian, ia telah memimpin perusahaan melalui salah satu masa paling penting dalam sejarah kami, dan telah menjadi arsitek utama kesuksesan ekonomi dan reputasi internasional Daimler Truck," ungkap Joe Kaeser.

"Dedikasinya terhadap perusahaan, pelanggan, dan karyawannya sangat luar biasa. Dia adalah seorang 'sopir truk' di dalam hati dan jiwanya. Martin Daum menyerahkan sebuah perusahaan yang telah sukses dan telah siap untuk menghadapi tantangan di masa depan," lanjut Joe Kaeser.

Memulai karirnya di Daimler-Benz AG pada tahun 1987, Martin Daum telah berperan penting dalam membentuk kesuksesan Daimler Truck secara global.

Ia juga telah memainkan peran kunci dalam mengembangkan bisnis lokal ketika menjabat sebagai CEO Daimler Trucks Amerika Utara. Saat ini, segmen Amerika Utara telah menjadi salah satu kekuatan Daimler Truck.

Sejak di tahun 2017 mengambil peran sebagai anggota Board of Management Daimler AG untuk Truk dan Bus, Martin Daum dan kepemimpinannya telah berhasil meningkatkan pendapatan sekaligus meningkatkan margin secara signifikan, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk investasi di masa depan.

Di bawah kepemimpinannya, Daimler Truck juga berhasil mempelopori transformasi teknologi dengan menghadirkan kendaraan berbasis baterai listrik dan hidrogen.

Sebagai penerusnya, Karin Rådström, telah bergabung dengan Board of Management Daimler Truck di tahun 2021 dan sejak saat itu bertanggung jawab atas Mercedes-Benz Trucks.

Dalam waktu singkat, seorang insinyur wanita yang terlatih ini telah berhasil membentuk kembali profitabilitas segmen dan memajukan transformasi menuju era keberlanjutan.

Dengan pandangan jauh ke masa depan dan semangat kewirausahaan yang tinggi, ia telah memperkenalkan berbagai truk listrik baterai baru sambil mendorong fokus pada pelanggan bersama dengan timnya, yang mengarah pada penawaran layanan yang lebih baik dan peningkatan kepuasan pelanggan.

Sebelum bergabung dengan Daimler Truck, ia mengawasi bagian Penjualan & Pemasaran sebagai anggota Executive Board di Scania.

Joe Kaeser, selaku Chairman of Supervisory Board Truck Holding AG, kembali menyatakan, “Kami sangat senang dapat memilih Karin Rådström sebagai CEO baru Daimler Truck Holding AG berbekal pengetahuan industri yang luar biasa dan kemampuan kepemimpinannya. Ia telah membuktikan bahwa ia mampu mendorong transformasi kami sebagai sebuah merek dengan sukses, sembari menavigasi berbagai tantangan lingkungan eksternal."

Sebagai seorang pemimpin sejati, Karin Rådström telah berperan penting dalam membangun budaya kinerja yang baru dan mendorong pemberdayaan, keragaman dan fokus pada pelanggan.

"Prinsip-prinsip ini sangat penting bagi Daimler Truck, terutama untuk menguasai transformasi mobilitas dengan sukses dan menjadi pilihan pertama pelanggan kami. Kami berharap dia dan timnya meraih kesuksesan besar dan kami sangat menantikan untuk melanjutkan kolaborasi kami," tukasnya menjelaskan.


Martin Daum selaku CEO Daimler Truck AG|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Michael Brecht, Vice Chairman of the Supervisory Board Daimler Truck Holding AG dan Chairman of the General Works Council, pun menambahkan, “Sebagai perwakilan dari para pekerja, kami dan Karin Rådström telah bekerja sama dengan baik dan membangun rasa saling percaya dalam beberapa tahun terakhir."

"Penting bagi kami bahwa Daimler Truck di bawah kepemimpinannya tetap menjadi perusahaan yang sukses dan memiliki masa depan yang cerah, termasuk bagaimana kepentingan karyawan dan pemegang saham akan terus diperhitungkan secara setara. Ini adalah prasyarat untuk pekerjaan yang aman dan baik bagi kita semua," lanjutnya.

"Ucapan terima kasih dan rasa hormat yang sebesar-besarnya kami sampaikan juga kepada Martin Daum, yang telah berhasil memposisikan Daimler Truck secara global dengan sangat baik. Dia telah mencapai prestasi yang luar biasa, memimpin Daimler Truck menuju kemandirian dan selalu mendengarkan kepentingan para tenaga kerja," tutur Michael Brecht.

Untuk saat ini, Karin Rådström masih akan tetap bertanggung jawab atas Mercedes-Benz Trucks sampai adanya putusan mengenai penggantinya.

Keputusan Supervisory Board yang dijelaskan di atas berlaku untuk Daimler Truck Holding AG dan pada tingkat yang sama untuk Daimler Truck AG.

***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr