sunbanner

Kawasaki Lirik Peluang Bisnis Kendaraan Roda 4 Offroad

Kawasaki Lirik Peluang Bisnis Kendaraan Roda 4 Offroad

PT KMI mulai merabah kepada bisnis kendaraan roda 4 offroad untuk dipasarkan di Indonesia-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. Wibz

Otomotif1.com l – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mulai lirik peluang bisnis kendaraan roda 4 offroad.

Kendaraan roda 4 offroad dengan kategori spesial dan berbagai macam peruntukkan di lini masing-masing, diantaranya berjenis: Utility Vehicle (UV), Recreational Utility Vehicle (RUV), dan All Terrain Vehicle (ATV).




Lini baru Kawasaki kendaraan Roda 4 Offroad siap masuki pasar otomotif Indonesia|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Dan pada hari ini, Rabu, 11 September 2024, untuk pertama kalinya PT. KMI mengumumkan ekspansi bisnis barunya dengan rambahan di bisnis kendaraan roda 4 offroad dengan mengundang insan media untuk merilis sekaligus merasakan sensasi pertama berkendara dengan menggunakan jenis ATV dan Utility Vehicle (UV).

Kegiatan peluncuran dan uji kendara oleh insan media ini dilakukan di area lintasan Track Offroad Pagedangan (Icon MX), BSD, Serpong, Tangerang Selatan, (11/9).





×

Untuk kendaraan roda 4 tipe UV dan RUV biasa disebut S x S (Side by side), kendaraan offroad dengan minimal dua tempat duduk yang diposisikan berdampingan samping dan ditutup dalam struktur roll cage.


Kawasaki MULE merupakan kendaraan side by side pertama di Indonesia|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Kendaraan ini memiliki minimal empat roda dan dioperasikan oleh kontrol kaki dan roda kemudi. Konon, banyak yang mengatakan bahwa Kawasaki MULE adalah kendaraan side by side pertama.

Diantara banyaknya produk kendaraan roda 4 offroad yang telah diperkenalkan oleh Kawasaki secara global, ada 2 produk yang telah hadir di tanah air yaitu Kawasaki Brute Force 750, dan Kawasaki MULE PRO-DXT FE.

Kawasaki Brute Force 750, merupakan produk ATV (All Terrain Vehicle) dengan kapasitas mesin 749cc, 4 stroke, V-twin, SOHC, dilengkapi EPS (Electronic Power Steering) dengan penggerak roda yang dapat dipilih 2WD atau 4WD yang dapat mudah melibas lintasan offroad.

Dalam kesempatan ini, jurnalis otomotif1.com juga sempat merasakan sensasi mengendarai kedua jenis mainan baru Kawasaki ini.

"Saya dapat merasakan power dari kedua kendaraan offroad ini saat mengendarai di lintasan offroad. Handling yang nyaman dan tingkat keseimbangan Kawasaki MULE PRO-DXT FE dapat dirasakan saat melintasi kondisi jalan berlubang dan berlumpur. Ketika berbelok tajampun kendaraan offroad roda 4 ini juga relative stabil dan kerja pada kaki-kaki juga sangat terasa dalam mengimbangi kemiringan kendaraan saat berbelok sehingga tidak sampai terguling," ujar Sonny, jurnalis Otomotif1.com.


Jurnalis Otomotif1.com, Sonny W, saat menjajal lintasan offroad menggunakan Kawasaki Brute Force 750|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

"Sementara pada ATV, saya sangat merasakan hentakkan pada mesin yang sangat kuat karena ATV ini memiliki power yang besar. Yaa bisa dibayangkan dengan torsi sebesar 58 Nm (5,9 kgf.m)/4.750 min dengan volume silinder 749 cm mampu memuntahkan tenaga hingga 50 hp (37 kW)/6.750 min," lanjutnya.

"Bagi pemula seperti saya memang butuh penyesuaian ekstra terutama pada handling stang yang lebar yang saya rasa masih mengikuti standar orang Eropa atau Amerika," jelasnya lagi.

Sedangkan Kawasaki MULE PRO-DXT FE, adalah produk UV (Utility Vehicle) dengan kapasitas mesin 993 cc, 4 stroke, 3 silinder, liquid cooled, diesel, dilengkapi EPS (Electronic Power Steering) dengan penggerak roda yang dapat dipilih 2WD atau 4WD.


Kawasaki MULE PRO-FE resmi dipasarkan di Indonesia|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

"Kawasaki MULE PRO-DTX FE saya rasakan lebih kalem meskipun dibekali dengan mesin bertenaga 933cc dengan torsi maksimum di 52 Nm (5,3 kgfm)/2,400 rpm namun hanya memuntahkan tenaga maksimum sebesar 18 kW (24 PS)/3,600 rpm sehingga sentakan awal tidak begitu dirasakan. Buat saya, kendaraan ini nyaman digunakan dilintasan offroad dan lebih terasa nyaman dan aman," tukas Sonny usai melakukan test drive dilintasan offroad Pagedangan.

Sama halnya seperti Kawasaki Brute Force 750, Kawasaki MULE PRO-DXT FE juga pastinya dapat dengan mudah melibas tantangan dan rintangan pada lintasan offroad. Kedua produk ini di impor langsung dari Amerika.


Seorang jurnalis mendapat pengarahan sebelum menjajal Kawasaki Brute Force 750 di lintasan offroad|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

KMI juga akan terus menghadirkan berbagai macam produk kendaraan roda 4 offroad di kategori ATV, UV dan RUV sebagaimana seperti yang ada di pasar global untuk pasar Indonesia.

Untuk warna yang disajikan Kawasaki MULE PRO-DXT FE yakni Bright White, sedangkan warna untuk Kawasaki Brute Force adalah Cypher Camo Gray (Matte).


Kawasaki Brute Force 750 usai diluncurkan, kini resmi masuki pasar otomotif Indonesia|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Untuk pasar otomotif Indonesia, PT KMI membanderol harga jual Kawasaki Brute Force dengan harga Rp340 juta, sementara untuk Kawasaki MULE PRO-DXT FE dengan banderol harga Rp390 juta.

“Setelah fokus memberikan kesenangan di segment motor sport, kami juga akan memulai lini bisnis baru sesuai dengan misi perusahaan kami yaitu bekerja demi kesenangan dan kegembiraan semua orang dimana Kawasaki mengambil bagian dari kehidupannya,” ucap Michael C Tanadhi, Dept. Head Sales & Promotion PT. Kawasaki Motor Indonesia.

Spesifikasi Kawasaki Brute Force 750


Kawasaki Brute Force 750|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

POWER

Jenis Mesin

Liquid-cooled, 4-stroke 90° V-Twin

Sistem Pengapian

Battery & Coil (Transistorised ignition)

Power Maksimum

37 kW {50 hp} / 6,750 min

Torsi Maksimum

58 N·m {5.9 kgƒ·m} / 4,750 min

Diameter x Langkah

85 x 66 mm

Kapasitas Mesin

749 cm

Sistem Katup

SOHC, 4 valves per cylinder

Perbandingan Kompresi

9.3:1

Transmisi

Dual range (high/low) CVT with reverse

Sistem Bahan Bakar

Fuel injection: ø34 mm x 2

 
Dapur pacu pada Kawasaki Brute Force 750 dibekali mesin bertenaga 749cc dengan torsi maksimum 58 Nm mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 50 HP|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

PERFORMANCE

Suspensi Depan

Double wishbone, adjustable spring preload

Suspensi Belakang

Double wishbone, adjustable spring preload

Rem Depan

ø200 mm disc

Rem Belakang

Enclosed wet multi-plate

Roda Depan

AT 25 x 8-12

Roda Belakang

AT 25 x 10-12

Panjang x Lebar x Tinggi

2,185 x 1,170 x 1,210 mm

 
Kawasaki Brute Force 750|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

DETAILS

Jarak poros roda

1,285 mm

Jarak ke Tanah

228 mm (standard), 245 mm (max preload)

Berat

332 kg

Kapasitas Bensin

19 litres

 
Kawasaki Brute Force 750|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

Spesifikasi Kawasaki MULE PRO-DXT FE


Kawasaki MULE PRO-DXT FE|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

POWER

Jenis Mesin

Liquid-cooled, 4-stroke In-Line 3-cylinder diesel

Power Maksimum

18 kW {24 PS} / 3,600 rpm

Torsi Maksimum

52 Nm {5.3 kgfm} / 2,400 rpm

Diameter x Langkah

74.0 x 77.0 mm

Kapasitas Mesin

993 cc

Sistem Katup

OHV

Perbandingan Kompresi

23.5:1

Transmisi

Dual range (high/low) CVT with reverse

Sistem Bahan Bakar

In-line injection pump

 
Ruang kemudi pada Kawasaki MULE PRO-DXT FE|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

PERFORMANCE

Suspensi Depan

Double wishbone

Suspensi Belakang

Double wishbone

Rem Depan

Dual ø212 mm discs

Rem Belakang

Dual ø212 mm discs

Roda Depan

26 x 9.00-12 4PR

Roda Belakang

26 x 11.00-12 4PR

Panjang x Lebar x Tinggi

3,385 x 1,625 x 2,020 mm

 
Keunggulan suspensi pada Kawasaki MULE PRO-DTX FE sangat berperan penting dalam melibas lintasan offroad dengan tingkat keseimbangan yang presisi|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. Wibz

DETAILS

Jarak poros roda

2,345 mm

Jarak ke Tanah

260 mm

Berat

894 kg

Kapasitas Bensin

30 litres

Foto: Dok. Wibz

Pada kesempatan ini juga, PT. Kawasaki Motor Indonesia ingin menyampaikan bahwasanya KMI juga dalam persiapan untuk memperkenalkan produk PWC (Personal Water Craft) dalam waktu dekat.

Untuk segala bentuk informasi lebih lanjut bisa follow Instagram Kawasaki Indonesia di akun @kawasaki_indonesia.

Berikut kumpulan foto galery keseruan insan pers saat melakukan test drive kedua unit kendaraan roda 4 offroad Kawasaki terbaru:


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz

 


Foto: Dok. Wibz


Foto: Dok. Wibz

***[sny]

Editor: Sonny Wibisono
TAG: #kawasaki #pt kawasaki motor indonesia (kmi) #kmi #kendaraan offroad #kendaraan roda 4 offroad #kawasaki brute force #kawasaki mule pro-dxt fe #track offroad pagedangan bsd #kawasaki offroad #lintasan offroad #offroad #utility vehicle (uv) #uv #all terrain vehicle (atv) #atv #kawasaki atv #atv kawasaki #recreational utiloty vehicle (ruv) #ruv #kawasaki ruv #ruv kawasaki #kawasaki mule #mule kawasaki
Sumber:


BERITA TERKAIT

Kawasaki Tampilkan Line-up Motor Unggulan Di IIMS 2024

Sabtu / 17-02-2024,18:50 WIB

Line up motor andalan Kawasaki diantaranya ada Ninja ZX-25RR, Ninja e-1, Z e-1, W175 CAFÉ, KLX150SM, KLX150BF dan KLX230S.

Kawasaki Tampilkan Line-up Motor Unggulan Di IIMS 2024

Berita Lainnya

vidstr