sunbanner

Kabupaten Baru Pemekaran Agam Sumatera Barat Bisa Jadi Investasi Daerah Terbaik Masa Depan, Ini Isu Wacana Daerah Agam Tuo

Kabupaten Baru Pemekaran Agam Sumatera Barat Bisa Jadi Investasi Daerah Terbaik Masa Depan, Ini Isu Wacana Daerah Agam Tuo

daerah-pexels/pixabay-

Jumlah penduduk ini mencakup sekitar 55 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Agam yang lebih besar, mencapai 525 ribu jiwa lebih.

Dalam struktur administratif, rencana pemekaran ini mengindikasikan bahwa sekitar sembilan kecamatan dari Kabupaten Agam akan menjadi bagian dari Kabupaten Agam Tuo.



Kecamatan yang diusulkan untuk bergabung meliputi Kota Malalak, Matua, Tilatang Kamang, Banuhampu, Sungai Pua IV, Ampek Angkek, Baso, Canduang, dan Kamang Magek.

Pemekaran ini juga memperhatikan lokasi calon ibukota Kabupaten Agam Tuo, yang diarahkan ke Nagari Koto Tangah di Kecamatan Tilatang Kamang.

Baca juga: Suzuki Swift 2024 Tampil dengan Desain dan Mesin Baru Simak Bocoran Lengkap Spesifikasinya





×

Baca juga: Heboh Isu Pemekaran Wilayah! Provinsi Ini Jadi Satu-satunya Hempas Kabar Daerah Baru, Tetap Utuh Sejak 1945, Bisa Tebak Wilayah Mana?

Ini sejalan dengan tujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Jika terwujud, Kabupaten Agam Tuo akan menjadi salah satu kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Sumatera Barat.

Meskipun memiliki luas wilayah yang terbatas, Kabupaten Agam Tuo memiliki potensi alam yang menjanjikan, ditunjang dengan keberadaan enam lembaga keuangan dan dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr