sunbanner

Kabupaten Baru Pemekaran Agam Sumatera Barat Bisa Jadi Investasi Daerah Terbaik Masa Depan, Ini Isu Wacana Daerah Agam Tuo

Kabupaten Baru Pemekaran Agam Sumatera Barat Bisa Jadi Investasi Daerah Terbaik Masa Depan, Ini Isu Wacana Daerah Agam Tuo

daerah-pexels/pixabay-

Wacana pemekaran Agam Tuo Kabupaten Agam

Rencana pemekaran wilayah di Sumatera Barat menimbulkan berbagai isu menarik, yang juga memicu perbincangan sejumlah wilayah lainnya untuk melakukan pemekaran.

Meskipun saat ini terdapat moratorium terkait pemekaran daerah otonomi baru (DOB), rencana pemekaran Kabupaten Agam Tuo semakin menjadi sorotan dan dipandang sebagai opsi yang layak dan strategis.



Kabupaten Agam memiliki karakteristik geografis yang unik, dengan pemekaran ini, akan didirikan Kabupaten Agam Tuo yang akan mencakup sembilan kecamatan.

Kabupaten Agam Tuo akan memiliki luas wilayah sekitar 648 kilometer persegi, yang hanya sekitar 20 persen dari luas Kabupaten Agam yang mencapai 2.265 kilometer persegi.

Meskipun memiliki luas yang lebih kecil, Kabupaten Agam Tuo diprediksi akan memiliki lebih dari 290 ribu penduduk, berdasarkan data Sensus Penduduk BPS tahun 2022.





×

Baca juga: Cara Jitu Memilih Aroma untuk Mobil yang Tidak Hanya Tahan Lama tetapi Juga Memberikan Kenyamanan

Baca juga: Provinsi Sulawesi Selatan Garap Daerah Baru, Kota Kecil Ini Bakal Jadi Ibu Kotanya, Makassar Punya Saingan Berat Nih!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr