Siap-siap Warga Pasaman Barat! Kabupaten Baru Bakal Terbentuk Dekat Wilayah Pasbar, Kecamatan Ini Pilih Bergabung

Siap-siap Warga Pasaman Barat! Kabupaten Baru Bakal Terbentuk Dekat Wilayah Pasbar, Kecamatan Ini Pilih Bergabung

daerah-markus-spiske/unplash-

Proses pemekaran provinsi telah menjadi isu penting, dan beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) juga merencanakan pemekaran tingkat lokal.

Salah satu contoh yang mencuat adalah pemekaran Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat, yang berpotensi melahirkan Kabupaten Pasaman Utara sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB).



Walaupun ada sejumlah kendala yang perlu diatasi, banyak warga mendukung ide pemekaran ini.

Dilihat dari aspek penduduk, Kabupaten Pasaman Utara diperkirakan akan dihuni oleh lebih dari 206 ribu jiwa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021.

Angka ini mewakili sekitar 45 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Pasaman Barat yang mencapai lebih dari 436 ribu jiwa.





×

Hal ini menunjukkan bahwa pemekaran wilayah tidak hanya berkaitan dengan geografi, melainkan juga memiliki dampak signifikan pada kehidupan dan perkembangan masyarakat yang mendiaminya.

Baca juga: Hayuk Rekom! 5 Destinasi Kuliner Terbaru di Lippo Mall Kemang yang Wajib Dicoba, Nomor Terakhir Bikin Candu Nih!

Baca juga: Pertama Kali di Dunia! Sumatera Barat Punya Goa unik yang Tersembunyi di Abit Kebun Sawit: Ditemukan Sejak 40 Tahun Lalu

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr