sunbanner

Ini Alasan Sumatera Barat Lakukan Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat! Jumlah Penduduk jadi Pertimbangan Utama?

Ini Alasan Sumatera Barat Lakukan Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat! Jumlah Penduduk jadi Pertimbangan Utama?

daerah-miki-chezzti/unplash-

Wacana pemekaran Pasaman Utara 

Proses pemekaran provinsi telah menjadi isu penting, dan beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) juga merencanakan pemekaran tingkat lokal.

Salah satu contoh yang mencuat adalah pemekaran Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat, yang berpotensi melahirkan Kabupaten Pasaman Utara sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB).



Walaupun ada sejumlah kendala yang perlu diatasi, banyak warga mendukung ide pemekaran ini.

Dilihat dari aspek penduduk, Kabupaten Pasaman Utara diperkirakan akan dihuni oleh lebih dari 206 ribu jiwa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021.

Angka ini mewakili sekitar 45 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Pasaman Barat yang mencapai lebih dari 436 ribu jiwa.





×

Hal ini menunjukkan bahwa pemekaran wilayah tidak hanya berkaitan dengan geografi, melainkan juga memiliki dampak signifikan pada kehidupan dan perkembangan masyarakat yang mendiaminya.

Baca juga: Sumut Makin Sempit! Kepulauan Nias Hengkang dari Provinsi dan Bentuk Daerah Baru? Ini Daftar Kabupaten yang Bergabung

Baca juga: Gak Ada Setengah Wilayah Medan! Kota Ini Berambisi Jadi Ibu Kota Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Utara, Ternyata Begini Potensi Sibolga

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr