sunbanner

Ini Alasan Sumatera Barat Lakukan Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat! Jumlah Penduduk jadi Pertimbangan Utama?

Ini Alasan Sumatera Barat Lakukan Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat! Jumlah Penduduk jadi Pertimbangan Utama?

daerah-miki-chezzti/unplash-

Meskipun proses pemekaran masih harus mematuhi moratorium DOB yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat, semangat untuk mewujudkan perubahan tetap ada.

Jika Kabupaten Pasaman Utara terbentuk, wilayah ini akan memiliki luas sekitar 2.200 kilometer persegi, melampaui setengah dari luas Kabupaten induk, yakni Kabupaten Pasaman Barat yang mencapai 3.864 kilometer persegi. Dengan dasar ini, pemekaran wilayah menjadi kenyataan yang inspiratif.



Upaya penataan kembali wilayah ini menjadi sorotan, terutama dalam konteks pemekaran Kabupaten Pasaman Utara sebagai hasil pemisahan dari Kabupaten Pasaman Barat.

Baca juga: Cara Jitu Memilih Aroma untuk Mobil yang Tidak Hanya Tahan Lama tetapi Juga Memberikan Kenyamanan

Lebih dari sekadar perubahan geografis, langkah pemekaran semacam ini memunculkan pertanyaan yang mendalam mengenai potensi pemekaran di Sumatera Barat secara keseluruhan.





×

Adanya wacana pemekaran Kabupaten Lima Puluh Kota, meskipun nama resminya belum ditentukan, juga mencerminkan semangat lokal dan aspirasi untuk pembangunan yang lebih mendalam, terlepas dari batasan administratif yang ada.

Melalui pemekaran wilayah, identitas daerah dan kekayaan lokal memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih dinamis.

Pemekaran wilayah menjadi ekspresi semangat lokal dan aspirasi untuk mewujudkan pembangunan yang lebih inklusif.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr