sunbanner

Komunitas 1000 Tikungan Flores Lakukan Serah Terima Rumah Warga Ende Usai Lakukan Bedah Rumah

Komunitas 1000 Tikungan Flores Lakukan Serah Terima Rumah Warga Ende Usai Lakukan Bedah Rumah

Suasana saat penandatangan berkas serah terima hak pakai lahan tanah-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. BSTF

Otomotif1.com l – Komunitas 1000 Tikungan Flores lakukan serah terima rumah warga Ende usai lakukan bedah rumah dengan kondisi yang tak layak huni.

Kegiatan ini diinisiasi oleh pendiri komunitas Bikers 1000 Tikungan Flores, Ahmad Surakatib, yang sehari-harinya menekuni profesi pengajar di salah satu Sekolah Menengah Atas di kota Ende.




Nur Halimah bersama ketiga putera dan puteri sesaat setelah acara serah terima rumah|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Seluruh kegiatan pembangunan rumah warga inipun dilakukan oleh segenap anggota komunitas 1000 Tikungan Flores secara sukarela.

Menurut Ahmad Surakatib yang biasa disapa bang Katib ini, bahwa kegiatan ini murni atas dasar rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama meskipun tidak sedarah.





×

“Sesuai dengan jargon komunitas kami yaitu “Saudara tak sedarah”  yang sudah sangat melekat di kalangan anggota komunitas, jargon ini kami pakai juga sebagai tema kegiatan sosial bedah rumah ini, yakni: “Bedah Rumah – Saudara Tak Sedarah,” jelas Katib.


Penampakan rumah Nur Halimah, Bedah Rumah Saudara tak Sedarah|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Proses penggalangan dana dilakukan selama lebih kurang dua bulan sejak tanggal 17 Agustus hingga 20 Oktober 2024. Dilanjutkan dengan proses pembangunan rumah warga Ende bernama Nur Halimah hingga acara serah terima rumah.

“Ibu Halimah beserta ketiga anaknya berhak mendapat tempat tinggal yang layak untuk di huni. Kondisi terakhir rumah ibu Halimah sangat memprihatinkan, sangat tidak layak untuk dihuni. Apalagi ada tiga anak yang masih kecil-kecil,” pungkas Katib.


Nur Halimah tak dapat menahan haru saat memberikan sambutan|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Nur Halimah dalam kegiatan sehari-harinya adalah sebagai pemulung dan terkadang menawarkan jasanya kepada tetangga sekitar untuk sekedar bantu-bantu pekerjaan rumah tangga. Sementara ketiga putera puteri Nur Halimah masih bersekolah.

Putra pertama Nur Halimah saat ini masih terdaftar sebagai siswa di MAN Ende Kelas XII, sedangkan puteri keduanya masih duduk di kelas IX MTsN Ende, dan puteri bungsu Nur Halimah tercatat di MIS Fatimiyah Ende kelas VI.

Seluruh biaya sekolah ketiga anak Nur Halimah ditanggung oleh pihak sekolah masing-masing secara gratis.


Yoko Libero Saputra Eka, SP biasa disapa Bro Eka, Penasehat Komunitas 1000 Tikungan Flores|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Rumah Nur Halimah yang baru berdiri diatas tanah milik anak dari salah seorang anggota komunitas Bikers 1000 Tikungan Flores (BSTF), Yoko Libero Saputra Eka, SP yang juga sebagai oenasehat Komunitas BST, dengan luas 5 x 7 m2 yang terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tamu, dan mck.

Donasi yang terkumpul tidak hanya berbentuk uang tetapi ada yang yang berupa bahan bangunan, pemasangan dan instalasi listrik, perabotan rumah tangga, gerobak usaha, hingga modal usaha kecil untuk Nur Halimah.


Bang Katib melakukan serah terima berkas penggunaan lahan dari Bro Eka|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Tak terbatas dari anggota komunitas saja, donasi juga diperoleh dari partisipasi warga dan pelaku usaha di kota Ende dan sekitarnya. Sementara itu total donasi yang terkumpul mencapai Rp22.255.500,- dari total kebutuhan sebesar Rp35 juta.

Namun dari penuturan Ahmad Surakatib mengatakan bahwa, dari donasi sebesar Rp22.255.500,- sudah terpakai sebesar Rp22.235.000,-. Sementara kekurangan dana dapat teratasi dari donasi yang diterima berupa barang-barang kebutuhan lainnya seperti bahan bangunan, perabotan, serta gerobak sederhana yang dapat digunakan Nur Halimah untuk menjalankan usaha kecil-kecilan.


Suasana saat penandatangan berkas serah terima hak pakai lahan tanah|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Acara serah terima secara resmi dilaksanakan pada hari Minggu, 20 /10, di jalan Anggrek, Ende, atau dilokasi Bedah Rumah.

Kegiatan serah terima berlangsung khidmat, turut dihadiri oleh Lurah Mautapaga beserta unsur terkait beserta jajarannya, Kepala Pengadilan Agama Ende, Kepala Taspen Ende, Kepala PLN Ende, Kepala Pos & Giro Ende, para donatur.

Tak kurang dari 100 anggota Komunitas Bikers 1000 Tikungan Flores dari berbagai wilayah Flores dan sekitarnya turut hadir menyaksikan prosesi serah terima rumah oleh Ketua Komunitas BSTF, Ahmad Surakatib kepada Nur Halimah dengan menyerahkan berkas hak guna pakai lahan dan bangunan dari pemilik lahan yang juga merupakan salah satu anggota Komunitas BSTF yakni putera dari Yoko Libero Saputra Eka, SP yang kerap disapa bro Eka.


Nur Halimah tak kuasa menahan haru saat memberikan sambutan|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Sebagai acara puncak, dilakukan serah terima kunci kepada Nur Halimah beserta ketiga putera puterinya yang dihiasi oleh tangis haru ibu Halimah dan hadirin yang menyaksikan.

Komunitas 1000 Tikungan Flores di usianya yang memasuki tahun kelima telah membantu memfasilitasi bikers yang melintas di Pulau Flores. 

Tidak kurang dari 3000 bikers pernah merasakan keramahan dan uluran tangan dari Komunitas ini. Tanpa pamrih dan berharap balas jasa, anggota Komunitas akan dengan sigap memantau perjalanan setiap tamu yang datang melintas.


Lurah Mautapaga (berbaju kemeja merah-red) memberikan dukungan penuh terhadap upaya Komunitas Bikers 1000 Tikungan Flores|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Berbagai informasi dan layanan diberikan oleh setiap anggota yang wilayahnya dilintasi. Sifat kekeluargaan dan persahabatan selalu menghiasi di setiap pertemuan antar Bikers.

Mereka saling bercerita, saling bertukar pengalaman dan informasi. Sulitnya medan yang dilalui seakan menjadi teman setia, dan rimbunnya pepohonan yang melintasi hutanpun tak menepiskan kesunyian perjalanan.

Kekhawatiran seakan terbebaskan, karena setiap bikers yang melintas akan tetap merasa aman dan terlindungi. Setiap kejadian dan kesulitan saat berkendarapun tak pernah luput dari perhatian dari anggota Komunitas 1000 Tikungan Flores.


Nur Halimah saat peresmian gunting pita di acara serah terima Bedah Rumah Saudara tak Sedarah|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Keindahan alam dengan jalan berkelok menjadi cerita tersendiri bagi setiap pengendara yang melintas di Pulau Flores. Tanpa merasa khawatir dan merasa terasing di tempat antah berantah yang tak mengenal siapapun di sekitar.

Kehadiran dan peran anggota Komunitas 1000 Tikungan Flores seakan menjadi jawaban atas keraguan dan kesendirian dalam perjalanan turing motoran di tanah Flores.

Benar adanya jika dikatakan Flores dengan 1000 tikungannya menjadi surga bagi para bikers lokal dan mancanegara.


Ibu Halimah, Nur Halimah-red, bersama anak-anaknya sesaat sebelum memasuki rumah barunya untuk yang pertama kalinya|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. BSTF

Keindahan alam dan keramahan warga lokal bagaikan intan air ditengah gurun yang menakutkan. Flores selalu membawa ketenangan jiwa dan kepuasan dalam berkendara motor.

Komunitas inipun telah banyak melakukan kegiatan sosial lainnya sebelum Bedah Rumah Saudara tak Sedarah. 

Keluasan hati dan keikhlasan komunitas ini sudah teruji. Seperti yang dikatakan oleh Ahmad Surakatib dalam kata sambutannya di acara Bedah Rumah, "Biarkan lelahmu menjadi Lillah". Ungkapan sederhana dengan berjuta makna yang mendalam.

Bikers 1000 Tikungan Flores, bagaikan malaikat penjaga Pulau Flores yang memiliki 6.690 tikungan yang membentang disepanjang 669 Km. Dari ujung Labuan Bajo hingga Larantuka, terbentang keindahan alam yang tak bertepi memanjakan mata, menenangkan hati setiap bikers yang melintasinya.

***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Ini Keren! Bikers Jakarta dan Kuningan Kompak Akhiri Tahun 2023

Selasa / 02-01-2024,14:41 WIB

Tercatat ada Lima komunitas motor dari Jakarta dan Tangerang, Banten, sengaja melakukan kegiatan turing bersama menuju kota Kuningan, Jawa Barat

Ini Keren! Bikers Jakarta dan Kuningan Kompak Akhiri Tahun 2023

Zildea Dibuat Terharu, Ducati V4 Idaman Menjadi Kado Ultahnya

Selasa / 02-01-2024,13:44 WIB

Rasa haru bercampur bahagia tampak membalut Dhea ketika Feri menghadiahkan motor Ducati Diavel V4 menjadi kado ulang tahunnya

Zildea Dibuat Terharu, Ducati V4 Idaman Menjadi Kado Ultahnya

Zildea : Sudah Jadi Ibu Bukan Berarti Gak Bisa Turing Lagi

Selasa / 19-12-2023,12:05 WIB

Zildea rayakan kebahagiaannya bersama keluarga dan kerabat serta sahabat tercinta dikediamannya, Cinere, Jakarta Selatan. Acara Syukuran pun digelar sebagai tanda syukur atas kelahiran Mehmed Fazri Rayyansyah Pasha.

Zildea : Sudah Jadi Ibu Bukan Berarti Gak Bisa Turing Lagi

Berita Lainnya

vidstr