sunbanner

Soal Isu Pemekaran Wilayah di Indonesia, Wacana Provinsi Palapa Selatan Paling Menarik, Mengapa? Ternyata Ini Alasan Perluasan Sumsel

Soal Isu Pemekaran Wilayah di Indonesia, Wacana Provinsi Palapa Selatan Paling Menarik, Mengapa? Ternyata Ini Alasan Perluasan Sumsel

daerah-afta-putra-gunawan/unplash-

Rencana pemekaran provinsi di Indonesia menjadi topik menarik yang memantik perhatian.

Salah satu rencana yang mencolok adalah wacana penggabungan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan yang menghasilkan gagasan Provinsi Palapa Selatan.



Wacana ini bukanlah sekadar wacana kosong, melainkan sebuah langkah konkret yang didukung oleh satu kota dan lima kabupaten yang telah bersiap untuk membentuk Provinsi Palapa Selatan ini.

Alasan kuat di balik inisiatif ini adalah ikatan keturunan yang kuat, terutama keturunan suku Besemah.

Entitas yang akan bergabung dalam wilayah Provinsi Palapa Selatan adalah Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Empat Lawang, yang saat ini masih berada di bawah Provinsi Sumatera Selatan.





×

Keberadaan jarak yang relatif dekat antara wilayah-wilayah ini mendukung ide ini, meskipun saat ini mereka terpisah oleh batas provinsi.

Pembentukan Provinsi Palapa Selatan juga akan berdampak pada rencana lain, termasuk penundaan rencana untuk membentuk Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar).

Baca juga: Siap-siap Warga Pasaman Barat! Kabupaten Baru Bakal Terbentuk Dekat Wilayah Pasbar, Kecamatan Ini Pilih Bergabung

Baca juga: Sumatera Barat Segera Lahirkan Kabupaten Baru! Kabupaten Agam Tuo Ajak 9 Kecamatan Ini Bergabung, Warganya Udah Siap Pindah?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr