sunbanner

Soal Isu Pemekaran Wilayah di Indonesia, Wacana Provinsi Palapa Selatan Paling Menarik, Mengapa? Ternyata Ini Alasan Perluasan Sumsel

Soal Isu Pemekaran Wilayah di Indonesia, Wacana Provinsi Palapa Selatan Paling Menarik, Mengapa? Ternyata Ini Alasan Perluasan Sumsel

daerah-afta-putra-gunawan/unplash-

Opsi lain adalah pembentukan Provinsi Palapa Selatan yang melibatkan wilayah-wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Rencana ini tidak boleh diabaikan, dengan enam kabupaten/kota bersiap untuk bergabung membentuk entitas baru ini.



Bagian dari mereka berada di wilayah Sumatera Selatan seperti Empat Lawang, Lahat, dan Pagaralam, sedangkan Kaur, Bengkulu Selatan, dan Seluma akan mewakili wilayah selatan Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Deretan Kota Terbesar di Indonesia yang Menyuguhkan Keindahan Wisata Patut untuk Dikunjungi, dari Jakarta hingga Surabaya!

Baca juga: Pemekaran di KALTARA Kembali Memakan Korban! 3 Daerah ini Pilih Mundur Teratur Usai Masuk dalam Wilayah yang Namanya Berasal dari Singkatan, Tarakan Artinya?





×

Segala syarat yang diperlukan untuk membentuk daerah otonomi baru telah terpenuhi, termasuk transportasi darat, laut, dan udara yang memadai.

Selain itu, sejarah dan ikatan keturunan juga memberikan legitimasi pada rencana ini.

Jarak yang dekat di antara wilayah-wilayah ini semakin menegaskan konsep kesatuan, bahkan jika saat ini mereka berada di bawah provinsi yang berbeda.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr