sunbanner

6 Kabupaten Ini Sepakat Masuk Provinsi Baru Palapa Selatan Pemekaran Sumsel, Kabupaten Lahat Bakal Jadi Ibu Kotanya?

6 Kabupaten Ini Sepakat Masuk Provinsi Baru Palapa Selatan Pemekaran Sumsel, Kabupaten Lahat Bakal Jadi Ibu Kotanya?

daerah-durong-an/unplash-

Beberapa wilayah yang direncanakan menjadi bagian dari Provinsi Sumselbar ikut dalam rencana awal calon Provinsi Palapa Selatan, sehingga mengubah dinamika yang ada.

Selain itu, sedang berlangsung rencana pemekaran 8 provinsi di Pulau Sumatera, termasuk pemekaran Provinsi Sumatera Selatan.



Dalam rencana ini, ada dua opsi menarik yang menarik perhatian, yaitu terbentuknya Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar) dan Provinsi Palapa Selatan.

Meskipun ada moratorium pemekaran yang berlaku, dukungan untuk menciptakan wilayah otonomi baru tetap kuat.

Pemilihan antara Sumselbar dan Palapa Selatan tidak hanya dipertimbangkan dari segi teknis, tetapi juga mempertimbangkan aspirasi masyarakat setempat.





×

Sumselbar akan mencakup delapan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, namun kendala dalam hal transportasi laut menjadi hambatan yang perlu diatasi.

Baca juga: Siap-siap Warga Pasaman Barat! Kabupaten Baru Bakal Terbentuk Dekat Wilayah Pasbar, Kecamatan Ini Pilih Bergabung

Baca juga: Sumatera Barat Segera Lahirkan Kabupaten Baru! Kabupaten Agam Tuo Ajak 9 Kecamatan Ini Bergabung, Warganya Udah Siap Pindah?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr