sunbanner

Banten Segera Jadi Kota Metropolitan Baru, Diawali dengan Membangun Jembatan Termegah Sepanjang 2,9 Km yang Sudah Dicanangkan Sejak 63 Tahun Lalu

Banten Segera Jadi Kota Metropolitan Baru, Diawali dengan Membangun Jembatan Termegah Sepanjang 2,9 Km  yang Sudah Dicanangkan Sejak 63 Tahun Lalu

jembatan-Kanenori/pixabay-

Kini, pemerintah Indonesia berencana mewujudkan impian ini dengan merealisasikan pembangunan Jembatan Selat Sunda.

Usulan pembangunan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960, ketika Guru Besar ITB, Profesor Sedyatmo, merancang proyek nasional bernama Tri Nusa Bimasakti.



Proyek ini bertujuan menghubungkan tiga pulau besar Indonesia: Bali, Jawa, dan Sumatera.

Usulan tersebut mendapat sambutan hangat dari Presiden Soekarno pada waktu itu, yang kemudian memerintahkan kajian lebih lanjut.

Sayangnya, pembangunan Jembatan Selat Sunda tersebut terhenti dan tidak kunjung direalisasikan dalam waktu yang lama.





×

Saat itu, rencananya Jembatan Selat Sunda akan dibangun dengan teknologi terbaik dan direncanakan akan menjadi jembatan tol yang juga dilengkapi dengan rel kereta api.

Namun, biaya yang dibutuhkan untuk proyek ini diperkirakan mencapai Rp100 triliun, sebuah angka yang mengesankan.

Jembatan Selat Sunda diharapkan akan memiliki panjang sekitar 2,9 kilometer dan ketinggian bangunan mencapai 200 meter dari dasar hingga permukaan air laut.

Baca juga: Terlibat Pemekaran Wilayah, Kimaam Kabupaten Merauke Bersiap Melakukan Pembangunan yang Baru atau Masih Direncanakan?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr