sunbanner

Status Ternate Direbut Kota Sofifi? Pemekaran Maluku Utara Bikin Bingung Warga, Benarkah Sejumlah Daerah Akan Dikeluarkan dan Bentuk Wilayah Baru di Peta?

Status Ternate Direbut Kota Sofifi? Pemekaran Maluku Utara Bikin Bingung Warga, Benarkah Sejumlah Daerah Akan Dikeluarkan dan Bentuk Wilayah Baru di Peta?

Caringin Berkembang: Jejak Rencana Pemekaran Kabupaten yang Menyentuh Hati Warga Banten, Jadi Harapan Baru dan Peluang Perekonomian Besar?-UNPLASH-

Keputusan ini tidak dilakukan secara sembarangan, mengingat bahwa pada awalnya infrastruktur di Sofifi sangat minim.

Di mata wisatawan, Sofifi bahkan dijuluki sebagai "Kota Sepi" karena minimnya fasilitas pada saat itu. Namun, kondisi alam di Sofifi masih terjaga dengan baik dan memberikan suasana yang sejuk.



Selain itu, Sofifi juga terkenal dengan kawasan Hutan Lindung Mangrove yang terletak di sepanjang Teluk Guraping, serta pantai-pantai yang indah.

Baca juga: Warga Papua Tengah Gak Sabar Pemekaran Wilayah Sampai Bikin Gregetan? Antusiasme Penduduk Semakin Full Senyum, Ada Harapan

Baca juga: Tak Dihuni Manusia! Pulau Mini dan Tersembunyi di NTT ini Luasnya Cuma 5 Hektar! Cuma 8 km dari Labuan Bajo: Ada Hewan Purbakalanya!





×

Baca juga: Demi Sektor Perikanan Capai Kemajuan, Safan Kabupaten Asmat Ini Berencana Lepaskan Beberapa Wilayah untuk Dimekarkan, Benarkah Demikian?

Setelah pembangunan infrastruktur selesai, Sofifi resmi diresmikan sebagai pusat pemerintahan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 4 Agustus 2010.

Inilah alasan di balik pemindahan Ibu Kota Maluku Utara dari Ternate ke Sofifi. Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan akan keamanan dan kesempatan untuk mengembangkan wilayah yang lebih baik dalam rangka melayani masyarakat dan memajukan Provinsi Maluku Utara ke depannya.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr