sunbanner

Ambisi Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur Gagal Terealisasi, Mengapa? Ternyata Ini Hambatan Besar dan Wilayah yang Berencana Tergabung

Ambisi Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur Gagal Terealisasi, Mengapa? Ternyata Ini Hambatan Besar dan Wilayah yang Berencana Tergabung

daerah-mustaf/unplash-

Wacana Provinsi Sulawesi Timur 

Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah memiliki luas wilayah yang mencapai 61.841 kilometer persegi dan saat ini terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota, dengan Kota Palu sebagai ibukota provinsi.

Rencana pembentukan Provinsi Sulawesi Timur awalnya mencakup enam kabupaten: Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, serta Tojo Una Una (Touna), Morowali, dan Morowali Utara.



Namun, kabar terbaru menyatakan bahwa Morowali dan Morowali Utara memutuskan untuk tidak bergabung dengan Provinsi Sulawesi Timur, dengan alasan bahwa Sulawesi Tengah akan kesulitan melepaskan kedua kabupaten tersebut karena ketergantungan PAD.

Sehingga, hingga saat ini, hanya empat kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Timur.

Di sisi lain, Kabupaten Banggai dari Provinsi Sulawesi Tengah memiliki rencana pemekaran yang ambisius untuk memisahkan diri menjadi empat kabupaten dan kota daerah otonomi baru (DOB).





×

Namun, rencana ini juga terkendala oleh moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Baca juga: Ternyata Bukan Mataram, Ini Daerah Calon Ibukota Provinsi Baru NTB yang Digadang-Gadang Bakal Lebih Maju? Wacana Pembagian Wilayah 

Baca juga: Status Ternate Direbut Kota Sofifi? Pemekaran Maluku Utara Bikin Bingung Warga, Benarkah Sejumlah Daerah Akan Dikeluarkan dan Bentuk Wilayah Baru di Peta?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr