sunbanner

Jawa Timur Beri Kode Jika Banyuwangi Bakal Calon Provinsi Baru? Bikin Penasaran! Jalan Tol Terpanjang Ini Bakal Jadi Saksinya

Jawa Timur Beri Kode Jika Banyuwangi Bakal Calon Provinsi Baru? Bikin Penasaran! Jalan Tol Terpanjang Ini Bakal Jadi Saksinya

jalan tol-pexels/pixabuy-

Wacana Pemekaran Jawa Timur dan Jalan Tol Raksasa di Banyuwangi 

Wacana pemekaran wilayah di Jawa Timur telah menjadi topik perbincangan yang tak kunjung surut.

Dalam beberapa tahun terakhir, rencana pembentukan provinsi baru dari hasil pemekaran Jawa Timur semakin menguat.



Menariknya, usulan ini bukan sekadar isu kosong, melainkan telah mendapat dukungan dari beberapa tokoh pemerintahan daerah.

Perhatian terhadap wacana pemekaran semakin meningkat karena wilayah yang diusulkan untuk membentuk provinsi baru terus berkembang pesat.

Bahkan, pemerintah pusat ikut ambil bagian dalam upaya ini dengan membangun jalan tol yang memerlukan anggaran yang tidak sedikit.





×

Tahap pertama pembangunan tol ini menghabiskan biaya sekitar Rp10,8 triliun.

Meski sempat terkendala pembebasan lahan dan jadwal penyelesaannya harus diundur, proyek ini akhirnya berhasil dilanjutkan.

Dalam waktu dekat, kabupaten-kabupaten ini akan tersambung oleh Tol Probowangi yang sedang dalam proses pembangunan. Hal ini tentu akan semakin memperkuat usulan dari MZA Djalal.

Lebih jauh lagi, mari kita kenali profil dari masing-masing kabupaten yang diusulkan untuk membentuk provinsi baru hasil pemekaran Jawa Timur, seperti yang dihimpun dari jatim.bps.go.id.

Dengan perubahan ini, wilayah tersebut akan semakin berkembang dan menjadi potensi besar bagi masa depan Jawa Timur.

Baca juga: Ambisi Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur Gagal Terealisasi, Mengapa? Ternyata Ini Hambatan Besar dan Wilayah yang Berencana Tergabung

Baca juga: Bikin Bangga Indonesia, Teknisi Yamaha Indonesia Terima Penghargaan Bergengsi di Jepang

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr