sunbanner

8 Kabupaten Terpintar di Sumatera Utara Ini Miliki Nilai IPM Capai 81,7 Persen, Fix Sih Warganya Sejahtera

8 Kabupaten Terpintar di Sumatera Utara Ini Miliki Nilai IPM Capai 81,7 Persen, Fix Sih Warganya Sejahtera

daerah-chuttersnap/unplash-

Di dunia pembangunan, penilaian tingkat kemajuan suatu daerah sering kali diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

IPM menjadi tolok ukur yang signifikan untuk menilai sejauh mana perkembangan suatu wilayah, termasuk dalam aspek pendidikan.



Sumatera Utara, provinsi yang berlokasi di bagian barat Pulau Sumatera, Indonesia, memiliki ciri khasnya dalam hal kemajuan pendidikan.

Dengan luas wilayah mencapai 72.460,744 km², Sumatera Utara terbagi administratif menjadi 25 kabupaten dan 8 kota yang tersebar di seluruh wilayahnya.

Tidaklah mengherankan bahwa dalam beragam wilayah ini, beberapa di antaranya dikenal sebagai "penghasil orang pintar" di Sumatera Utara.





×

Untuk mengukur dan memahami hal ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara secara rutin merilis nilai IPM. 

Baca juga: Dikira Bekasi! Daerah Terkaya di Jawa Barat Juaranya Punya PDRB Sebesar Rp 121 Juta, Warganya Hidup Sederhana Meski Berlimpah Harta

Baca juga: Jayapura Bakal Lepas Jadi Ibu Kota Papua Usai Wacana Provinsi Baru Pemekaran Terwujud? Begini Gambaran Daerah Papua Tabi Sariri

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr