sunbanner

3 Daerah Terkecil di Jawa Tengah Ini Wilayahnya Gak Ada Setengah Semarang? Simak Inilah Profil Kabupatennya

3 Daerah Terkecil di Jawa Tengah Ini Wilayahnya Gak Ada Setengah Semarang? Simak Inilah Profil Kabupatennya

daerah-miki-chezzti/unplash-

Jawa Tengah memiliki ibu kota di Semarang dan memiliki luas wilayah sekitar 32.800,69 km², atau sekitar 28,94% dari luas total provinsi.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik tahun 2021, jumlah penduduk Jawa Tengah mencapai sekitar 36.516 jiwa dengan kepadatan sekitar 1.130 jiwa per kilometer persegi.



Beberapa daerah di Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu daerah dengan ukuran kabupaten terkecil.

Kategori "terkecil" ini berkaitan dengan luas wilayah yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan beberapa kabupaten atau kota lainnya di provinsi ini.

Baca juga: Teks Pidato Paling Mudah untuk Dijadikan Referensi Lomba Bertema Memperingati Hari Pahlawan 10 November: Renungan Para Pahlawan!





×

Contohnya adalah Kota Kudus dengan luas wilayah sekitar 425,17 km². Dalam perbandingan dengan daerah-daerah lain, seperti Purwakarta di Jawa Barat, wilayah-wilayah ini termasuk dalam kategori "terkecil."

Pada akhirnya, beberapa wilayah di Jawa Tengah memang memiliki luas wilayah yang terbatas, hanya mencapai beberapa ribu kilometer persegi.

Namun, ukuran wilayah tidak selalu mencerminkan potensi dan keunikan setiap daerah. Meskipun terbilang kecil dalam hal luas wilayah, beberapa di antaranya memiliki nilai budaya, sejarah, dan potensi ekonomi yang penting.

Baca juga: Kabupaten Terkecil di Jawa Tengah Ini Luasnya Cuma 45,25 Km Saja! Jangan Khawatir, Justru Wilayahnya Kaya Akan Hal Ini

Baca juga: 8 Kabupaten Terpintar di Sumatera Utara Ini Miliki Nilai IPM Capai 81,7 Persen, Fix Sih Warganya Sejahtera

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr