sunbanner

Kota Padang Sidempuan Diprediksi Bakal Gantikan Medan Usai Isu Pemekaran Sumatera Utara Gencar Terjadi? Begini Penjelasannya

Kota Padang Sidempuan Diprediksi Bakal Gantikan Medan Usai Isu Pemekaran Sumatera Utara Gencar Terjadi? Begini Penjelasannya

peta sumbar-map data/google-

Provinsi Sumatera Utara, yang memiliki 25 kabupaten dan 8 kota serta luas wilayah mencapai 71.680 kilometer persegi, telah lama menjadi salah satu provinsi terbesar di Indonesia.

Dengan Medan sebagai ibu kotanya, Sumatera Utara memiliki sejarah panjang dan keberagaman budaya yang kaya.



Baru-baru ini, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengambil sikap terkait dengan isu pemekaran provinsi di Indonesia.

Ia menegaskan bahwa tidak ada larangan terhadap pembentukan provinsi baru jika regulasinya telah diatur dengan benar.

Baca juga: Ganti Nama atau Pindah Wilayah? Isu Pemekaran Wilayah Lampung Selatan Bakal Jadi Kabupaten Natar Agung Bahan Topik Utama





×

Baca juga: Gedung Tertinggi di Sumatera Utara Ini Bikin Kaget! Ketinggiannya Capai 95 Meter Ini Kalahkan Pencakar Langit Jakarta?

Hal ini mencerminkan semangat otonomi daerah yang telah diterapkan di Indonesia, memberikan kesempatan bagi daerah-daerah untuk memperluas wilayah administratif mereka.

Pemekaran provinsi menjadi topik yang semakin sering muncul dalam diskusi publik. Sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara, telah mengajukan rencana pemekaran wilayah mereka.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr