sunbanner

6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan yang Bikin Ketar-ketir! Gak Nyangka Kota Sambas Jadi Target Pertama Provinsi Baru

6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan yang Bikin Ketar-ketir! Gak Nyangka Kota Sambas Jadi Target Pertama Provinsi Baru

Terpecahkan! Kabupaten Baru di Kalimantan Timur Resmi Diresmikan, Mengusung Konsep Unik yang Wajib Diketahui! Berdiri di Tanah Seluas 15.315 Km², Cek Lokasinya-map data/google\-

Saat ini, Pulau Kalimantan terdiri dari lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah. Namun, jika melihat ke belakang sejarah, awalnya hanya ada satu provinsi, yaitu Provinsi Borneo.

Baru-baru ini, muncul usulan-usulan untuk membentuk provinsi-provinsi baru di Pulau Kalimantan. Terdapat sejumlah wilayah yang diusulkan untuk menjadi provinsi baru di pulau ini. Berikut adalah enam wilayah yang tengah menjadi perbincangan. 

Wacana provinsi baru di Kalimantan 



Provinsi Sambas Raya: Provinsi ini merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat dan terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. Wilayah ini mencakup Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kota Sambas, dan Kabupaten Sambas Utara. Ibukota provinsi ini direncanakan berada di Kota Sambas.

Provinsi Kapuas Raya: Juga merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat, Provinsi Kapuas Raya terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu. Ibukota Provinsi Kapuas Raya direncanakan berada di Sintang.

Provinsi Tanjung Pura: Provinsi ini juga merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat dan terdiri dari 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Kayong Utara serta 4 kabupaten baru, yaitu Hulu Aik, Tumbang Titik, Ketapang, dan Jelai Kendawangan Raya. Rencananya, ibukota provinsi ini berada di Kota Ketapang.





×

Baca juga: Mudah Sekali! Begini Cara Gampang Memindai dan Menglola Dua Akun WhatsApp dalam Satu Handphone, Tak Perlu Beli HP Lagi!

Baca juga: Banyak yang Ngira Gresik atau Mojokerto! Kabupaten dengan Jumlah Perusahaan Terbanyak di Jawa Timur Ada di Wilayah Ini

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr