sunbanner

Daftar Provinsi Borneo yang Jadi Perbincangan Hangat! Daerah Baru Ini Siap Dampingi IKN Tahun 2024 Mendatang

Daftar Provinsi Borneo yang Jadi Perbincangan Hangat! Daerah Baru Ini Siap Dampingi IKN Tahun 2024 Mendatang

Petani-elang-wardhana/unplash-

Rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Indonesia terus menjadi topik perbincangan yang sering mencuat, baik dalam tingkat kabupaten maupun provinsi.

Di Pulau Kalimantan, yang juga dikenal dengan nama Borneo, terdapat sejumlah wacana pembentukan provinsi baru yang sedang menjadi sorotan.



Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia, dengan sebagian besar wilayahnya terletak di Indonesia (73 persen), sedangkan Malaysia dan Brunei juga memiliki bagian dari pulau ini.

Kalimantan terkenal dengan julukan 'Pulau Seribu Sungai' karena sungai-sungai yang melintasinya, memberikan kekayaan alam yang melimpah.

Wacana provinsi baru di Kalimantan 

Provinsi Sambas Raya: Provinsi ini merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat dan terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. Wilayah ini mencakup Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kota Sambas, dan Kabupaten Sambas Utara. Ibukota provinsi ini direncanakan berada di Kota Sambas.





×

Provinsi Kapuas Raya: Juga merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat, Provinsi Kapuas Raya terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu. Ibukota Provinsi Kapuas Raya direncanakan berada di Sintang.

Provinsi Tanjung Pura: Provinsi ini juga merupakan pemekaran dari Kalimantan Barat dan terdiri dari 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Kayong Utara serta 4 kabupaten baru, yaitu Hulu Aik, Tumbang Titik, Ketapang, dan Jelai Kendawangan Raya. Rencananya, ibukota provinsi ini berada di Kota Ketapang.

Baca juga: Mudah Sekali! Begini Cara Gampang Memindai dan Menglola Dua Akun WhatsApp dalam Satu Handphone, Tak Perlu Beli HP Lagi!

Baca juga: Banyak yang Ngira Gresik atau Mojokerto! Kabupaten dengan Jumlah Perusahaan Terbanyak di Jawa Timur Ada di Wilayah Ini

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr