sunbanner

Daftar Provinsi Borneo yang Jadi Perbincangan Hangat! Daerah Baru Ini Siap Dampingi IKN Tahun 2024 Mendatang

Daftar Provinsi Borneo yang Jadi Perbincangan Hangat! Daerah Baru Ini Siap Dampingi IKN Tahun 2024 Mendatang

Petani-elang-wardhana/unplash-

Provinsi Kotawaringin: Pemekaran Provinsi Kotawaringin berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah dan terdiri dari 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin direncanakan berada di Seruyan.

Provinsi Barito Raya: Provinsi ini merupakan gabungan dari sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Barito Kuala. Rencananya, ibukota provinsi ini berada di Muara Teweh Barito Utara.



Baca juga: Loh Bukan Cuma Papua! 5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Jawa Timur Ada Disini, Jangan Kaget Jember Termasuk Loh

Baca juga: Keajaiban Surga Dunia? Inilah Pantai yang Tersembunyi di Aceh, Jauh dari Pusat Kota Namun Tidak Rugi Bila Datang

Provinsi Kalimantan Tenggara: Pemekaran wilayah ini mencakup sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Tanah Bumbu. Rencananya, ibukota Provinsi Kalimantan Tenggara berada di Kota Baru.





×

Usulan-usulan ini mencerminkan semangat pembangunan dan pengembangan wilayah yang beragam di Pulau Kalimantan. Wacana pembentukan provinsi-provinsi baru ini menjadi pembahasan yang menarik, mengingat potensi sumber daya alam yang melimpah dan keragaman etnik serta budaya di pulau ini.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr