sunbanner

Bendungan Terbesar di Jawa Barat Ini Jadi Ikon Kejayaaan! Luasnya Bisa Capai 90,000 Ha, Habiskan Dana Fantastis

Bendungan Terbesar di Jawa Barat Ini Jadi Ikon Kejayaaan! Luasnya Bisa Capai 90,000 Ha, Habiskan Dana Fantastis

bendungan-tom-fisk/pexels-

Bendungan terbesar di Jawa Barat 

Dengan kapasitas mencapai 979,5 juta meter kubik, bendungan ini tidak hanya mampu mengendalikan banjir saat musim hujan melanda, tetapi juga menyediakan air irigasi untuk lahan pertanian seluas 90.000 hektar.

Selain itu, tiga daerah di sekitarnya, yakni Indramayu, Majalengka, dan Cirebon, juga merasakan manfaat dari pasokan air irigasi yang dihasilkan oleh Waduk Jatigede.



Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan China. Dana yang digunakan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta pinjaman dari pemerintah China.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki, Waduk Jatigede bukan hanya memberikan manfaat dalam menyediakan air irigasi dan mengendalikan banjir, tetapi juga menyediakan air bersih dan energi listrik.

Waduk Jatigede mampu memasok air bersih sebanyak 3500 liter per detik dan menghasilkan energi listrik sebesar 110 Megawatt (MW).





×

Baca juga: Mengupas Rencana Pemekaran Papua dan Ragam Alternatif Pembentukan Provinsi Baru, Mencangkup 5 Kabupaten Sekaligus?

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Pemalang Diambil dari Kisah Legendaris! Ternyata Terungkap Namanya Miliki Makna Ini

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr