sunbanner

Langkah Menuju Otonomi! Mengupas Pembentukan Kabupaten Baru di Ambang Pemisahan dari Kabupaten Asmat, Begini Lengkapnya

Langkah Menuju Otonomi! Mengupas Pembentukan Kabupaten Baru di Ambang Pemisahan dari Kabupaten Asmat, Begini Lengkapnya

daerah-afta-putra-gunawan/unplash-

Langkah Menuju Otonomi! Mengupas Pembentukan Kabupaten Baru di Ambang Pemisahan dari Kabupaten Asmat, Begini Lengkapnya.

Kabupaten Asmat salah satu permata tersembunyi di Papua Selatan, memiliki sejarah yang panjang dan perlahan namanya mulai bersinar dalam peta nasional.



Dahulu, daerah ini adalah bagian dari Kabupaten Merauke yang sudah dikenal sejak tahun 1904.

Baca juga: Bendungan Terbesar di Jawa Barat Ini Jadi Ikon Kejayaaan! Luasnya Bisa Capai 90,000 Ha, Habiskan Dana Fantastis

Baca juga: Bukan Nama Biasa! 6 Kabupaten di Sumatera Utara Ini Berasal dari Singkatan, Artinya Apa? Ternyata Ini Makna Sebenarnya





×

Namun, dengan luasnya wilayah dan potensi yang dimiliki, Kabupaten Asmat mengukuhkan eksistensinya sebagai salah satu kabupaten terbesar di Papua Selatan dengan 23 distrik yang menjadi bagian darinya.

Ketika berbicara tentang geografi, Kabupaten Asmat memukau dengan wilayah seluas 24.966,91 km2, yang menjadikannya salah satu kabupaten terluas di Indonesia.

Kabupaten ini bukan hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga merupakan rumah bagi berbagai kelompok etnis yang memiliki budaya dan tradisi yang kaya.

Pemerintah Kabupaten Asmat telah mengajukan proposal yang menarik, yaitu pemekaran wilayah menjadi dua kabupaten baru.

Wacana ini telah menjadi sorotan, karena potensi pembangunan dan kemajuan wilayah ini semakin berkembang.

Pemekaran ini bukanlah langkah sepele, melainkan sebuah usaha untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Asmat.

Dari kajian yang dilakukan, ditemukan bahwa Kabupaten Asmat memiliki potensi besar sebagai dua kabupaten baru: Kabupaten Asmat Tengah dan Kabupaten Safan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr