sunbanner

Kota Sofifi yang Nyentrik dan Unik Bakal Jadi Ibu Kota Maluku yang Baru Gantikan Ternate? Penduduk Heboh, Warga Seneng Gak Ya?

Kota Sofifi yang Nyentrik dan Unik Bakal Jadi Ibu Kota Maluku yang Baru Gantikan Ternate? Penduduk Heboh, Warga Seneng Gak Ya?

RESMI? Ibu Kota Aceh Berubah ke Daerah Ini, Duduki Lahan 181.06 Km2 Ternyata Bekas Wilayah Pemekaran Kabupaten Berikut Ini, Apakah Rumahmu di Sini?-PEXEL-

Perpindahan Ibu Kota Maluku Utara: Dari Ternate ke Sofifi, Kota Sepi yang Menawan

Provinsi Maluku Utara telah melakukan perubahan lokasi ibu kotanya sebanyak satu kali. Pada awalnya, Ternate dipilih sebagai ibu kota karena dianggap paling siap untuk menjadi pusat pemerintahan saat Maluku Utara terbentuk.

Namun, topografi Ternate yang berada di wilayah pegunungan dan pulau vulkanik menjadi pertimbangan keamanan untuk masa depan ibu kota.



Selain itu, Kota Ternate juga mengalami kepadatan populasi yang sulit untuk dikembangkan lebih lanjut.

Baca juga: Selamat Tinggal Alfa Romeo 4C, Versi Spesial dan Terakhir Kini Dijual, Harganya Bikin Gigit Jari!

Baca juga: Kabupaten Baru Akan Terbentuk di Dua Daerah Ini Pasca Pemisahan Dari Kabupaten Asmat, Tenyata Mengalami Pemekaran Wilayah?





×

Baca juga: Bendungan Terbesar di Jawa Barat Ini Jadi Ikon Kejayaaan! Luasnya Bisa Capai 90,000 Ha, Habiskan Dana Fantastis

Oleh karena itu, diputuskanlah untuk memilih Sofifi sebagai ibu kota yang baru. Faktanya, sejak pembentukan Provinsi Maluku Utara pada tahun 1999, Sofifi telah ditetapkan sebagai ibu kota.

Sofifi terletak di kelurahan di poros tengah Pulau Halmahera, yang merupakan pulau terbesar di Maluku Utara saat ini.

Meskipun masih menjadi bagian dari wilayah administrasi Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, luas wilayah Sofifi hanya mencapai 413,21 km persegi.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr