sunbanner

Warga Banten Pasti Syok! Wacana Provinsi Baru Tangerang Raya Ajak 3 Kabupaten Ini Bergabung, Cek Wilayah Anda Termasuk Gak Nih

Warga Banten Pasti Syok! Wacana Provinsi Baru Tangerang Raya Ajak 3 Kabupaten Ini Bergabung, Cek Wilayah Anda Termasuk Gak Nih

Masjid Agung Banten Lama -kemdikbud.go.id-

Provinsi Banten, dengan populasi sekitar 13,1 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, saat ini tengah mengambil langkah-langkah intensif menuju pemekaran wilayah sebagai upaya untuk menjadi daerah otonomi baru.

Meskipun pemerintah pusat belum mencabut moratorium daerah otonomi baru, keputusan ini mendapat dukungan yang luas dari masyarakat setempat.



Wacana mengenai pemekaran wilayah ini bukanlah hal yang baru. Bahkan, usulan pembentukan Provinsi Tangerang Raya telah menjadi topik pembicaraan selama hampir satu dekade terakhir.

Selama periode ini, sebuah Badan Koordinasi khusus telah dibentuk untuk mengejar tujuan ini, meskipun masih ada beberapa hambatan regulasi yang perlu diatasi.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah menentukan jumlah kabupaten dan kota yang akan bergabung dalam daerah otonomi baru ini.





×

Baca juga: Dua Kabupaten Baru Segera Terealisasi! Wacana Lampung Tenggara dan Kabupaten Melinting Mana yang Lebih Dulu?

Baca juga: Berbeda dari Sebelumnya, Inilah Daftar Provinsi di Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, Nambah Wilayah Baru?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr